Akupunktur dengan kasus Pasca Stroke


Tanggal Pemeriksaan : 24 Oktober 2012

Akupunktur untuk kasus Stroke

Pasien Pasca Stroke selama 10 tahun.

Pasien Ny. S dengan umur 47 Tahun, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga yang memiliki 2 orang anak. Pasien mengeluhkan kelemahan pada ekstremitas bagian kiri yang terdiagnosa oleh dokter sebagai “stroke” sejak 10 tahun yang lalu.

Riwayat penyakit sebelum stroke, pasien mengeluhkan sering merasakan nyeri kepala sebelah dan pada saat menstruasi pasien mengeluhkan nyeri perut bawah dan rasa pusing. Sebelum terjadi trauma, pasien menceritakan bahwa sebelum ia tidur sempat mengkonsumsi  “plencing” ( Jenis makanan yang terbuat dari sayur bayam dan pedas). Setelah bangun tidur, pasien mengeluhkan pandangan mata yang kabur dan gelap setelah itu tiba-tiba terjatuh dan tidak sadarkan diri. Pasca trauma tersebut, pasien tidak langsung di rujuk ke rumah sakit atau klinik terdekat, melainkan dirawat di rumah selama kurang lebih 10 jam dan tetap tidak sadarkan diri. Setelah itu pasien dirujuk ke salah satu rumah sakit swasta di daerah Sukoharjo dan baru sadar setelah dirawat selama 2 minggu.  Saat pasien sadar, pasien mengaku masih bingung terhadap lingkungan sekitar maupun keluarga sendiri. Pasien masih dalam keadaan emosi yang labil dan terasa asing berada dirumah sendiri. Butuh waktu kurang lebih 1 bulan untuk memulihkan ingatan pasien.

Pada saat pemeriksaan dilakukan, pasien tidak mengeluhkan terganggunya tidur saat malam, emosi pasien terbilang stabil, serta masih dapat melaksanakan aktivitas seperti biasa (mencuci, masak, setrika, dll). Pola makan pasien tidak teratur, pasien hanya makan dua kali atau bahkan satu kali sehari. Pasien cenderung makan makanan yang pedas dan minum minuman yang dingin. Urine bening dan feses lembek dan sering Diare. Pasien mengaku nyeri pada ekstremitas kiri (tangan-kaki) apabila saat melakukan aktivitas secara berlebihan, nyeri yang dirasakan  menjalar pada tangan dan kaki sebelah kiri. Pada bagian kaki nyeri yang menjalar pada daerah paha sampai ujung kaki tetapi lebih dominan pada daerah telapak kaki. Extermitas kiri (tangan-kaki) mengalami atropi karena immobilisasi yg cukup lama (ketidakmampuan untuk bergerak) tapi, pasien masih mampu merasakan rabaan dari terapis dan mampu merasakan sensasi pada saat dilakukan penusukan oleh terapis.

Pasien mengeluhkan matanya tak mampu melihat lampu yang cukup terang karena mengeluhkan silau dimata. Telapak tangan pasien, terasa lembab. Nafas pasien cenderung normal (18-20/menit) .

Lidah: warna merah muda-pucat, lidah berbentuk kecil, pergerakan lidah agak kaku saat berbicara, ada tapak gigi, dan ada fisura ditengah lidah, selaput putih tipis permukaan kasar.

Nadi : tenggelam, lambat dan besar

Analisa kasus : Berdasarkan data yg didapat dari  pasien bisa dikatakan bahwa keluhan  pasien adalah karena kelemahan fungsi transformasi organ limpa ( Def Limpa ) sehingga menyebabkan feses pasien lembek dan terjadi diare, kurang nafsu makan, dan  nyeri otot serta persendian pada saat melakukan aktivitas berlebihan (Sim Kie Jie hal: 151). Pasien juga terkena sindrom Exses Yang Hati yang menyebabkan Qi Liver naik ke atas dan menjadi angin. Sehingga menyebabkan keluhan seperti migrain, pusing, serta lidah pasien miring. Dimana keadaan tersebut merupukan gejala khas dari patogen angin dalam. Defisiensi Yin Lambung yang ditandai pasien suka makan makanan yang pedas dan ada fisura dan selaput putih yang tipis  lidah pasien. Akumulasi Lembab karena defisien Qi Limpa yang menyebabkan tampaknya tapak gigi pada sisi lidah.

Prinsip terapi :

  1. Tonifikasi Lambung dan Limpa
  2. Membuang panas di Lambung
  3. Membuang panas di Hati
  4. Tonifikasi Yin Ginjal
  5. Tonifikasi Yin Hati
  6. Mengeluarkan angin
  7. Membuang lembab di Limpa

titik-titik pilihan

  1. St-36 Zu San Li
  2. St-40 Fenglong -> membuang lembab
  3. Li-4 Hegu
  4. Sp-6 San Yin Jiao -> tonifikasi Limpa dan Ginjal
  5. Ki-3 Taixi
  6. St-44 neiting
  7. Gb-20 Fengchi -> membuang angin

terima kasih . :)
Sumber buku terpercaya . info lebih lanjut hub’i saya via email :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s