Pengaruh Emosi Bagi Kesehatan


Emosional seseorang sangat berpengaruh penting dalam kesehatan manusia . kontrol emosi yang buruk serta ekses akan mengakibatkan penyakit pada organ-organ tubuh kita . dalam ilmu traditional Cina teori 5 unsur yang menggambarkan hubungan antara emosi dengan organ Zang Fu . masing-masing emosi yang ekses akan berpengaruh khusus pada organ Zang Fu lainnya . Dan merupakan unsur-unsur penting dalam menegakan suatu diagnosis penyakit dalam akupunktur .

  1. seseorang yang biasanya suka marah akan menunjukkan ketidakseimbangan pada organ hati (unsur kayu) yang dalam TCm disebut sebagai naiknya Yang-Hati .
  2. seseorang yang terlalu suka gembira atau sukacita merupakan emosi yang menunjukkan ketidakseimbangan terhadap organ Jantung (unsur Api) .
  3. seseorang yang kebanyakan suka berfikir akan menunjukan ketidakseimbangan pada organ Limpa (unsur Tanah). kelebihan dalam belajar juga dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan limpa . makanya dalam belajar kita juga harus ingat waktu istirahat, makan dan shalat tepatnya bagi yang muslim .
  4. seseorang yang kebanyakan bersedih akan menunjukan ketidakseimbangan dalam fungsi organ Paru-Paru (unsur Logam). karena emosi ini dapat mengurangi Qi-Paru-Paru.
  5. seseorang yang  ketakutan akan menunjukan ketidakseimbangan pada organ Ginjal dan kandung kemih (unsur Air) .

Ilmu kedokteran Cina mengajarkan kita untuk tetap dalam kondisi Yin dan Yang yang seimbang . jangan terlalu defisien dan jangan terlalu ekses . yang pasti tetap selalu bersyukur atas setiap karunia yang Allah berikan .🙂

by : Dona Aulia Abdullah Al-farabi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s