Tekhnik Manipulasi Jarum Akupunktur


ucapkan basmallah dulu yah ..

“Bismillahirrahmanirrahim”🙂

Tekhnik Manipulasi Jarum untuk mendatangkan Qi . info ini hasil translate salah satu buku dalam bahasa inggris dengan judul “Advance Akupunktur” yang pasti sumbernya terpercaya deh akan kebenarannya .🙂

semoga bermanfaat . “Akupunktur Dona banget”😀

Akupunktur OK . !

” Akupunktur Dona Banget “

Dasar Manipulasi

  1. Lifting and thrusting (cabut dan tusuk)
  • Manipulasi :

Lifting and thrusting adalah metode dengan cara mencabut dan menusuk jarum pada titik akupunktur setelah mencapai kedalaman tertentu.”Thrusting” yaitu menggerakkan jarum dari superficial ke arah dalam  dan “Lifting” yaitu menggerakkan jarum dari dalam kearah superficial. Gerakan mencabut dan menusuk secara berulang akan diambil sebagai manipulasi cabut dan tusuk. Amplitudo, frekuensi dan lamanya pergerakan ini tergantung pada kondisi fisik pasien, kondisi patologis, lokasi titik akupunktur dan tujuan terapi.

  • Aksi dan indikasi

Manipulasi ini adalah metode utama untuk mendorong kedatangan Qi, dan memperkuat atau mengurangi hasil penusukan. Umumnya mencabut dan menusuk jarum dengan amplitudo yang besar, frekuensi lambat dan kuat juga disebut sebagai “metode pounding” fungsinya untuk mendatangkan qi dan melemahkan. Ini cocok untuk pasien dengan sindrom ekses, kondisi fisik yang kuat, sensitivitas penusukan yang buruk, atau pada kondisi penyakit yang berlangsung singkat. Dengan amplitudo yang lemah, frekuensi lebih cepat dan ringan juga disebut sebagai “metode vibrating” fungsinya untuk mendatangkan qi dan menguatkan. Ini cocok untuk pasien dengan sindrom defisiensi, kondisi fisik yang lemah, atau sensitivitas penusukan yang tinggi.

  1. Twirling and rotating (memutar dan rotasi)
  • Manipulasi

Yang di maksud dengan twirling dan rotating adalah memutar jarum bergantian dengan searah atau berlawanan arah jarum jam setelah jarum di masukkan dengan kedalaman tertentu. Durasi dan frekuensi harus sesuai kondisi fisik dari pasien, keadaan patologis pasien dan tujuan dari terapis

  • Aksi dan indikasi

Manipulasi ini di maksudkan untuk mendatangkan qi, dan dapat menghasilkan efek penguatan atau pelemahan. Pada umumnya twirling and rotating dengan amplitudo besar, frekuensi tinggi dan dengan kuat berfungsi untuk mendatangkan qi menyebabkan terjadinya pelemahan. Hal tersebut sejalan dengaan pasien dalam kondisi sindrom skses. Dilakukan pengangkatan secara perlahan dan penusukan kembali secara cepat.  Dalam keadan tersebut dengan sedikit amplitudo, frekuensi yang perlahan dan ringan berfungsi untuk mendatangkan qi untuk memberikan sedikit efek penguatan hal ini cocok untuk pasien yang mengalami sindrom defisien, keadaan fisik yang lemah,sensitifitas penjaruman yang tinggi.

Manipulasi Tambahan

  1. Pemijatan sepanjang meridian (Massaging a long the meridian)
  • Manipulasi

Pemijatan sepanjang meridian di lakukan setelah penusukan jarum ke dalam titik akupunktur pada permukaan kulit sepanjang jalur meridian dengan penekanan yang kuat serta  jari bergerak dari atas kebawah atau dari satu sisi ke sisi yang lain.

  • Aksi dan Indikasi

Metode ini bertujuan untuk mendatangkan qi,untuk diagnosa kondisi meridian(defisien atau eksces) ,dan mendorong sirkulasi qi dan darah. Metode ini lebih dominan untuk memberikan efek penguatan (contoh efek penguatan, nutrisi saat defisiensi qi,darah,yin atau yang)

  1. Penekanan sepanjang meridian (pinching along the meridian)
  • Manipulasi

Penekanan dilakukan di sepanjang jalur meridian, setelah di lakukan penusukan pada titik akupunktur dengan kedalaman tertentu, pada jaringan tubuh di lakukan penekanan dengan jari dari atas kebawah sepanjang jalur meridian.

  • Aksi dan Indikasi

Metode ini dapat meningkatkan sirkulasi qi dan darah dan mengusir faktor patogen. Metode ini menyebabkan efek terutama mengurangi (efek membersihkan dan menghilangkan faktor pathogen)

  1. Metode sentilan (flicking method)
  • Manipulasi

Metode sentilan di lakukan setelah memasukan jarum ke titik akupunktur, jarum di sentil dengan menggunakan jari sehingga menyebabkan getaran pada jarum

  • Aksi dan Indikasi

Dilakukan untuk mempercepat sirkulasi qi atau mendatangkan qi

  1. Metode Menggaruk jarum (scrapping method)
  • Manipulasi

Setelah jarum di masukkan dengan kedalaman tertentu dengan posisi yang benar kemudian pegang jarum dengan telunjuk jari agar tetap pada tempatnya lalu lakukan garukan dengan kuku ibu jari.

  • Aksi dan indikasi

Metode Tindakan ini untuk mendatangkan Qi atau memperkuat sensasi tusuk jarum

  1. Metode flying
  • Manipulasi

Metode Flying yang dimaksud adalah melakukan twirling/ putaran jarum sebanyak 3x dengan cepat dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Gerakan dari memutar-mutar dan melepaskan jari membuat mereka tampak seperti sayap burung terbang, sehingga memberikan metode nama flying.

  • Aksi dan indikasi :

Metode ini berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi qi dan untuk mendatangkan qi, sehingga meningkatkan sensasi penusukan.

  1. Metode Shaking
  • Manipulasi:

Metode ini sering disebut metode mengocok. Yaitu setelah penusukan jarum ke titik akupunktur dengan kedalaman tertentu, ekor jarum dipegang dengan tangan dan mengocoknya ke kiri dan kanan

  • Aksi dan Indikasi :

Berfungsi untuk menambah sensasi penusukan dan menginduksi sensasi penusukan menjalar ke bagian tubuh tertentu. Jika poros jarum tegak lurus terhadap kulit, sensasi tusuk jarum dapat ditingkatkan. Jika jarum pada sudut horizontal atau miring sensasi tusuk jarum bisa menyebar ke arah tertentu.

  1. Metode Circling
  • Manipulasi :

Metode circling yaitu metode di mana setelah penusukan jarum ke titik akupunktur dengan kedalaman tertentu, ekor jarum dipegang dengan tangan dan diputar.

  • Aksi dan indikasi :

Metode ini bisa berfungsi untuk menguatkan ataupun melemahkan. Cara ini dapat  dikombinasikan dengan metode yang lain yang berfungsi untuk memberikan efek penguatan maupun pelemahan. Jika searah dengan jarum jam berarti melemahkan dan jika berlawanan arah jarum jam berarti menguatkan.

Xie Xie

Info lebih lanjut bisa kirim email🙂

“Akupunktur Dona Banget”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s