Moksibusi


Apa itu Moksibasi ?

Moksibusi adalah cara pengobatan tradisional yang menggunakan Moksa (MoE-kuasa= Ramuan daun-daunan yang dibakar), dari bahan daun Ay atau Arthemesia Vulgarisyang dibakar diatas titik-titik akupunktur tertentu. pemanasan ini atau panas yang ditimbulkan dari pembakaran moksa akan menembus kulit, jaringan ikat atau jaringan otot dimana terletak titik akupunktur yang dituju, yang kemudian akan disalurkan melalui meridian yang bersangkutkan sehingga diharapkan akan menimbulkan reaksi pengobatan dan pencegahana penyakit yang direncanakan.

bahan Baku Moksa . Arthemesia Vulgaris

Bahan Moksa . Daun Arthemesia Vulgaris

Pemilihan daun Atrhemesia Vulgaris sebagai bahan baku pembuatan Moksa karena daun tersebut bersifat pahit dan pedas yang mampu mengaktifkan Yang-Qi dan bisa membuka 12 jalur meridian utama dan membuat Qi dan darah tetap lancar sirkulasinya. Pedasnya itu bisa masuk kedalam melalui meridian dan melancarkan Qi dan Xue, sedangkan pahitnya untuk menghilangkan lembab.

Tujuan Moksibasi

  1. Menghangatkan Qi, Xue supaya lancar,
  2. Mengusisr penyebab penyakit dingin
  3. Menghangatkan Yang
  4. Menambah kekuatan Yang

Tekhnik moksibasi ada dua yaitu:

  1. Bu dengan cara api dibiarkan mati sendiri, kemudian titik akupunktur yang dimaksud ditekan.
  2. Xie dengan cara api moksa ditiup-tiup untuk menghasilkan api yang besar sambil moksa diangkat naik turun dan tanpa adanya penekanan dititik akupunktur.
Proses Moksibasi dengan Moksa batang

Proses Moksibasi dengan Moksa batang

Macam-Macam Moksa

  1. Moksa Kerucut yang dapat digunakan untuk moksibasi cara langsung dan cara tidak langsung.
  2. Moksa Batang yang dapat digunakan untuk moksibasi cara langsung, cara mematuk, cara rotasi, dan cara jarum panas .

Moksa Kerucut dengan cara langsung

untuk melakukan cara ini, daerah yang akan dimoksa terlebih dahulu diolesi dulu dengan parafin.

  • cara tidak meninggalkan bekas.setelah titik akupunktur diolesi dengan parafin, kerucutdiletakkan diatasnya, lalu dibakar. setelah terasa panas menyengat, moksa diangkat dengan capit, dan bila perlu diganti moksa baru.
  • cara meninggalkan bekas. setelah titik akupunktur diolesi parafin, kerucut diletakkan diatasnya, lalu dibakar. walaupun terasa panas yang menyengat, moksa tetap dibiarkan terbakar terus sampai habis. akibatnya kulit akan ikut terbakar dan menimbulkan luka parut yang disengaja.

Moksa kerucut dengan cara tidak langsung

cara ini dilakukan dengan memeberikan penyekat antara kerucut moksa dan kulit. penyekat atau pembatas dapat berupa selapis garam dapur atau seiris jahe setebal beberapa milimeter yang tengahnya ditusuk-tusuk membentuk lubang-lubang kecil. moksibasi cara ini biasanya dilakukan pada umbilikus (Sen Cie). Moksa kerucut diletakkan diatas pembatas lalu dibakar. alasan memilih pembatas garam dan jahe karena garam dan jahe penghantar panas yang baik.

Cara ini dapat mengobati kasus-kasus seperti: Perut Mules, sakit perut yang hebat, diare, dan jug akolaps dengan keringat dingin serta lengan/tungkai dingin.

Moksa Batang dengan cara langsung

Ujung moksa batang (yang telah dibakar) diletakkan diatas kulit/titik Akupunktur yang diinginkan dengan cara dipegang dengan tangan atau dengan penjepit. mula-mula ujung moksa didekatkan cukup dekat dengan kulit. penderita tentu akan merasakan panas yang menyengat.

menyusul ini ujung moksa dijauhkan sedikit demi sedikit, sedemikian hingga yang terasa adalah hangat yang nyaman. Untuk pengamanan, ujung jari terapis diletakkan di dekat titik akupunktur yang dituju sehingga bila terlalu dekat/terlalu panas, juga dapat merasakan. dengan demikian dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Mematuk

dikatakan mematuk karena ujung moksa batang yang sudah terbakar didekatkan sangat dekat pada titik akupunktur lalu dijauhkan, didekatkan kembali dan dijauhkan kembali . dilakukan berulang kali sehingga gerakan tangan seperti gerakan burung yang mematuk.

Moksibasi dengan cara jarum panas

Moksa batang yang dipotong-potong diletakkan pada ekor jarum halus ( Hau Cen ) yang sudah masuk kedalam titik Akupunktur. dan moksa dibakar untuk memanaskan jarum Hau Cen.

Moksa untuk Jarum Panas

Moksa untuk Jarum Panas

Aplikasi  Penggunaan Moksa

  1. Sindrom dingin
  2. tonifikasi Yang
  3. Stagnasi Qi dan Xue
  4. Sindrom Lembab Dingin
  5. Defisiensi Yang
  6. Defisiensi Qi

Kontra Indikasi

  1. moksibasi dilarang untuk keadaan Yin Si ( Yin kosong )dan Yang Xiang ( Yang berlebihan)
  2. Moksibasi dilarang dipergunakan untuk   daerah wajah, genitalia, puting susu, daerah tendo dan pembuluh darah penting, perut bagian bawah dan daerah coccygeus jua tidak dibolehkan untuk wanita hamil karena dapat menyebabkan abortus.

Sumber terpercaya🙂

  • Saputra, Koosnadi dan Agustin Indayanti, 2005.  Akupunktur Indonesia. Surabaya:  Ailangga University Press.
  • Hasil diskusi kelas D-III Akupunktur Poltekkes Kemenkes Surakarta dalam materi Moksibasi dengan Ibu Risna Widowati A.Md.Akp .

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s