Akupunktur Lebih Sehat Dengan Tai Chi


Solo, 06 Desember 2012

Pagi hari yang cerah,  Jurusan D-III Akupunktur mengadakan Senam Bersama ” Tai Chi” .  senam Tai Chi ini juga salah satu karya turun temurun nenek moyang dari negara tirai bambu lebih tepatnya China .🙂
jadi, sangat cocok untuk kita para praktisi Akupunktur untuk dapat mempelajari senam Taichi ini . karena banyak sekali manfaat dibalik semua gerakan-gerakan yang ada di senam Tai chi ini. untuk yang mau hidup sehat dan awet muda ini pilihan yang cocok.🙂

nah, sebenarnya Tai chi itu sendiri apa sih ??
Taichi itu adalah latihan olah nafas yang ammpu meningkatkan daya tahan tubuh untuk menolak patogen masuk kedalam tubuh.

nih, saya copas manfaat Tai Chi dari salah satu blog (http://semarang.olx.co.id/).

manfaat Taichi sangat banyak.
Pertama, orang yang berlatih Taichi dengan pernapasannya secara teratur dan cukup takarannya (porsinya), peredaran darahnya akan lebih baik, menambah volume darah, dan akan memperbaiki peredaran darah. “Dengan demikian, pembuluh darah kecil (kapiler) akan bertambah, pembuluh-pembuluh darah akan masuk ke otot-otot, juga ke jantung dan sel-sel dalam tubuh mendapat lebih banyak oksigen dan zat makanan.”
Kedua, latihan Taichi akan membantu menggerakkan otot yang besar secara teratur melalui kaki. Secara langsung maupun tidak, otot membantu memompa darah ke jantung lebih banyak pada setiap denyut jantung.
Ketiga, dengan latihan Taichi, kemampuan sel-sel otot untuk membakar lemak pun menjadi lebih besar. “Maka, timbunan glikogen dalam otot dan hati dapat dipergunakan lebih lama dalam suatu aktivitas fisik.

Keempat, berlatih Taichi yang teratur, membuat tulang-tulang, termasuk tulang rawan dan sendi-sendi akan terlatih dan mendapat perbaikan-perbaikan sehingga menjadi lebih kuat, lebih lentur, dan tidak mudah mengalami cedera atau sakit. Orang yang tidak pernah berolah raga sama sekali dapat mengalami kekauan pada tulang-tulang dan persendian, meskipun usianya masih muda.

Kelima, orang yang berlatih Taichi disertai pernapasannya niscaya memiliki daya reaksi lebih baik ketimbang mereka yang tidak suka berlatih.

Keenam, mereka yang rajin berlatih Taichi juga dimungkinkan untuk memiliki berat badan stabil, tidak akan naik atau turun secara berlebihan. Bahkan, yang kurus bisa menjadi lebih gemuk atau sebaliknya yang gemuk bisa menurunkan berat badannya.

“Manfaat yang dirasakan, jika melakukan latihan Taichi disertai pernapasannya, di antaranya bisa mengubah jalan hidup seseorang, asal latihan dan sistematikanya baik dan benar, dipimpin seorang pelatih yang ahli, serta latihannya memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Orang akan merasakan lebih bersemangat atau segar setelah berlatih, juga tidak merasa lelah. Daya konsentrasi akan lebih baik, juga daya ingat lebih bagus dan daya tangkapnya lebih cepat. Tubuh pun memiliki daya tahan dari segala rangsangan, baik dari luar maupun dalam. Pengendalian emosi juga akan lebih baik, ”

SEMANGAT HIDUP SEHAT DENGAN AKUPUNKTUR DAN TAI CHI🙂

(DN)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s