Tetanus


apa sih sebenernya tetanus ?? . penasaran ? . ok nih hasil dri googling saat dilanda rasa penasaran tentang tetanus🙂 .

Bayi Penderita Tetanus

Bayi Penderita Tetanus

Penyakit tetanus merupakan salah satu infeksi yang berbahaya karena mempengaruhi sistem urat saraf dan otot. Kata tetanus diambil dari bahasa Yunani yaitu tetanos dari teinein yang berarti menegang. *doktersehat[dot]com.

Tetanus disebabkan neurotoksin (tetanospasmin) dari bakteri Gram positif anaerob, Clostridium tetani . Bakteri Clostridium tetani ini banyak ditemukan di tanah, kotoran manusia dan hewan peliharaan dan di daerah pertanian, namun juga dapat ditemukan pada besi berkarat, ujung jarum/peniti yang tidak steril.

Kuman tetanus ini dapat menyerang manusia maupun hewan. Kuman dapat masuk melalui luka, baik luka dangkal maupun luka besar. Terdapat beberapa korban yang terinfeksi tetanus akibat membersihkan gigi menggunakan jarum atau peniti yang terkontaminasi kuman.

Pada bayi yang baru lahir, kuman ini dapat masuk melalui luka iris tali pusat yang tidak dipotong dengan pisau steril. Penyakit tetanus pada bayi yang baru lahir disebut tetanus neonatorum dan merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak pada bayi. (iihh seremm dehh . hati-hati bgt dong tuh buat para calon ibu bidan)

trus, gejalanya apa aja ???

berikut didapat dari beberapa artikel hasil dari pencarian mr google . bukan maksud untuk menjadi seorang plagiat tapi, hanya ingin menyebarkan informasi kepada khalayak umum kea’a gg ada salahnya yah. kan kita sama-sama belajar disini🙂 . let see apa ajh gejala dan tanda-tanda penderita tetanus:

  1.  Lekas ​​marah dan kelemahan otot
  2. Kejang otot atau nyeri pada otot
  3. Kakunya otot tenggorokan dan leher yang menyebabkan Anda kesulitan menelan makanan
  4. Kejang otot mulut, yang menyebabkan kesulitan dalam mengunyah makanan maupun tersenyum
  5. Kejang otot yang progresif dan melibatkan sebagian besar otot-otot tubuh. Dalam beberapa kasus, kejang otot mungkin cukup kuat untuk menyebabkan fraktur tulang dan dislokasi sendi.
  6. Kesulitan bernapas karena kakunya otot leher dan dada
  7. Gejala lain, seperti tinja berdarah, diare, demam, sakit kepala, sensitif terhadap sentuhan, sakit tenggorokan, berkeringat dan denyut jantung cepat.

yup itu tanda dan gejalanya. sekarang kita beralih ke bagaimana cara pengobatan dan pencegahannya ?? Ok let see🙂

Pengobatan yang harus dilakukan pada penderita penyakit tetanus dengan memberikan immuglobulin tetanus, antibiotik tetrasiklin dan penisilin yang dapat mematikan racun yang telah menyebar ke aliran darah. Untuk mengurangi rasa nyeri, penderita dapat diberi obatkodein atau obat lainnya untuk mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung. Agar kondisi lebih baik, sebaiknya penderita dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan serius dan dapat mengendurkan otot-otot yang tegang oleh tangan dokter.

Penyakit tetanus dapat dihindari dengan mengawali hidup sehat, seperti menggunakan alas kaki saat melakukan aktivitas dan menjauhkan benda-benda yang telah berkarat dari lingkungan hidup Anda dan keluarga.

semoga bermanfaat🙂 . Hidup sehat itu idaman semua orang . Go Healthy . !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s