Akupunktur Untuk Cerebral Palsy


Kali ini saya punya tugas disuruh membuat KTI (Karya Tulis Ilmiah) sebagai salah satu syarat dalam mengkuti UAS mata kuliah Bahasa Indonesia di semester 4 . pertamanya sempat bingung dan malah bingung banget mau ambil judul apa . ide pertama muncul pengen ngambil kasus dismenore (nyeri haid) karena itu kasus saya sendiri yang ngalami (biasanya penyakit bulanan cewe :p ) . tapi keanya kurang menarik deh . udah banyak juga yang buat KTI tentang itu . trus searching dan googling cari ide untuk bahan KTI ada satu artikel kesehatan dri web yang saya lupa copas linknya. sedikit menarik perhatian yaitu artikel masalah kasus CP (Cerebral Palsy) yg mana disana dijelasin apa itu CP ? kenapa bisa terjadi ? cara penanganannya kea apa ?  setelah dibaca eh malah inget di akun Fb kan ada group tentang kasus” yang bisa ditanganin dengan Akupunktur salah satunya yah CP. dr Retno Anggara salah satu Terapist Akupunktur di Puskesmas Kandang Sapi Pasuruan  yang biasanya ngepost perkembangan pasien CP’a ke group dan sudah dibilang berhasil dalam menangani pasien CP.🙂 . Jadi  kali ini saya memilih kasus CP untuk penulisan KTI  dengan judul  PERAN AKUPUNKTUR DALAM MENANGANI KASUS CEREBRAL PALSY DENGAN SINDROM DEFISIENSI JING . (wooo :O apa itu?? bingung yaak ?? sama saya juga bingung😀 ) .

Penanganan kasus CP dengan Akupunktur

Penanganan kasus CP dengan Akupunktur

nah, sekarang CP itu sendiri apa sihh ??

Cerebral palsy (CP) adalah terminologi yang digunakan untuk mendeskripsikan kelompok penyakit kronik yang mengenai pusat pengendalian pergerakan dengan manifestasi klinis yang tampak pada beberapa tahun pertama kehidupan dan secara umum tidak akan bertambah memburuk pada usia selanjutnya. Istilah cerebral ditujukan pada kedua belahan otak atau hemisphere. dan palsy mendeskrispsikan bermacam penyakit yang mengenai pusat pengendalian pergerakan tubuh. Jadi. penyakit tersebut tidak disebabkan oleh masalah pada otot atau jaringan saraf tepi. Melainkan, terjadi perkembangan yang salah atau kerusakan pada area motorik otak yang akan mengganggu kemampuan otak untuk mengontrol pergerakan dan postur secara adikuat. (Saharso, 2006).

CP (Cerebral Palsy/ kelumpuhan otak besar) adalah suatu keadaan dimana penderitanya mengalami buruknya pengendalian otot, kekakuan, kelumpuhan serta mengalami gangguan fungsi saraf lainnya. CP bukanlah merupakan suatu penyakit dan tidak bersifat progresif (penderita tidak semakin memburuk dan juga tidak semakin baik). ( Setiyono DKK,2012)

Cerebral palsy adalah suatu gangguan atau kelainan yang terjadi pada suatu kurun waktu dalam perkembangan anak, di dalam susunan saraf pusat, bersifat kronik dan tidak progresif akibat kelainan atau cacat pada jaringan otak yang belum selesai pertumbuhannya.Walaupun lesi serebral bersifat statis dan tidak progresif, tetapi perkembangan tanda-tanda neuron perifer akan berubah akibat maturasi serebral. (Mahendra,2012)

Penyebab CP ?

CP dapat terjadi akibat kelainan struktural yang mendasari otak pada awal kehamilan, cedera perinatal, atau setelah melahirkan karena insufisiensi vaskuler, Insufisiensi nutrisi yang dibutuhkan pada saat masa pertumbuhan dan perkembangan anak, adanya toxin atau infeksi, atau risiko prematuritas. Akibatnya mempengaruhi kemampuan otak untuk menyerap informasi (sensorik) atau kemampuan otak untuk merespons informasi (motorik).

Gejala CP ?

Gejala biasanya timbul sebelum anak berumur 2 tahun dan pada kasus yang berat, bisa muncul pada saat anak berumur 3 bulan. Gejalanya bervariasi, mulai dari kejanggalan yang tidak tampak nyata sampai kekakuan yang berat, yang menyebabkan perubahan bentuk lengan dan tungkai sehingga anak harus memakai kursi roda. Kecerdasan di bawah normal, keterbelakangan mental, kejang/epilepsi (terutama pada tipe spastik), pernafasan yang tidak teratur, gerakan menjadi terbatas, kontraktur persendian, gangguan menghisap atau gangguan menelan atau mengunyah makanan, gangguan perkembangan kemampuan motorik, gangguan berbicara (disartria), gangguan penglihatan, gangguan pendengaran.

nah, itu dia sekilas tentang CP.  hmmmh .  baru garis besarnya yang saya tampilkan disini . untuk penanganannya dengan Akupunktur akan dibahas dalam KTI saya lebih lengkap nantinya .😀

 

Daftar Pustaka

Saharso,Darto. 2006. Cerebral Palsy Diagnosis dan Tatalaksana dalam Naskah Lengkap Continuing Education Ilmu Kesehatan Anak XXXVI Kapita Selekta Ilmu Kesehatan Anak VI. Surabaya: RS DR. Soetomo

Setiyono, Adi. 2012. Makalah Praktek Kerja Lapangan Poli Akupunktur Puskesmas Kandang Sapi Pasuruan 26 November-22 Desember 2012 kasus Cerebral Palsy. Pasuruan: Poltekkes Kemenkes Surakarta

Mahendra, Aditya Staphana. 2012. tinjauan pustaka Cerebral Palsy. Banjarmasin: FK UNLAM -RSUD ULIN

3 responses to “Akupunktur Untuk Cerebral Palsy

  1. sip mbk yu atas infonya saya jga lgi ada proyek CP. mhn doanya nggih??

  2. anak saya menderita celebral palsy, dimana alamat untuk bisa terapi akupuntur tersebut..terima kasih…kangmaszubair@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s