Akupunktur untuk Hiccup


Bagi anda yang lagi baca  tulisan ini apakah anda salah satu penderita hiccup ? atau saudara, teman, ayah, ibu, istri, atau suami dari pasien hiccup . ? . atau jangan-jangan anda tersesat di blog ini dan tak tahu jalan pulang ? . eh apaan nih kea lagu’a Rumors ajh . #effect playlist yang sedang diputer  hahah😀 .

Yuup, bagi Anda yang sekarang sedang dilanda serangan cegukan  bertubi-tubi dan membuat anda semakin tersiksa lahirian dan batiniah . Saya hanya ingin membantu mengurangi beban anda dengan membuat tulisan ini. dan bagi Anda yang tersesat di blog ini tidak salahnya untuk membaca dan memahami isi tulisan ini siapa tahu dilain kesempatan anda mampu membagi informasi ini ke orang lain . seperti sabdah Rasulullah “sampaikanlah walau satu ayat” dan semoga tulisan ini membawa berkah buat semua yang membutuhkan Amiin .🙂

source: health.liputan6.com

health.liputan6.com

well, kita mulai dari pertanyaan ‘Apa sih cegukan atau Hiccup ?’

Cegukan adalah reaksi mendadak akibat adanya kontraksi dari otot diafragma (otot yang antara dada dan perut). Otot menjadi kejang dan menutup pita suara sehingga muncullah suara. Suara yang dihasilkan saat cegukan biasanya berirama. Cegukan biasanya disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol, kekenyangan bahkan reaksi senang yang berlebihan. Cegukan bukanlah masalah serius, namun cegukan berkepanjangan menandakan masalah kesehatan yang cukup serius seperti kurang gizi dan kelelahan (meetdoctor[dot]com).

nah, trus kalau menurut ilmu Akupunktur itu sendiri gimana dong ??

kalau menurut buku yang sekarang saya pegang dan saya baca hicuup itu salah satu gejala klinis dari sindrom pergerakan Qi yang abnormal lebih tepatnya mengarah ke Qi Lambung berbalik arah yang disebabkan oleh faktor patogen eksogen seperti makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, dan stagnasi phlegma.

untuk terapinya sangat gampang ini pengalaman saya pribadi karena ternyata saya juga sering terserang hiccup . heh😀 . Informasi ini saya dapatkan dari  dosen saya saat beliau menerangkan fungsi fisiologis setiap titik penting akupunktur dalam mata kuliah korelasi Anatomi Fisiologi Akupunktur. beliau hanya menyarankan dengan menggunakan titik PC-6 Neiguan yang berfungsi untuk mengembalikan Qi kealiran normalnya.

letak Anatomis titik Neiguan (PC-6)

letak Anatomis titik Neiguan (PC-6)

Titik ini terletak dua cun proksimal lipat pergelangan tangan, antara tendon m. palmaris longus dan tendon m. fleksor karpi radialis (lihat gambar ‘cara menentukan titik PC-6’ ) dengan melakukan penusukan dititik tersebut hingga terasa deqi dan jarum dibiarkan tetap tinggal di titik tersebut selama kurang lebih 20 menit.

nah, bagi anda yang tidak berani akan jarum dan tidak memiliki jarum akupunktur jangan berkecil hati karena ada cara lain untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan melakukan penekanan/akupressure di titik tersebut dengan ikhlas dan penuh perasaan sampai cegukan berkurang dan benar-benar hilang. sangat simple bukan ? kalau seperti ini anda tidak perlu menahan nafas sampai muka ungu (liriknya Saykoji nih :p ), minum air putih sebanyak-banyaknya sampai perut kembung, dan lari keliling lapangan mpe ngos-ngosan, dan banyak banget tips dan trik yang orang awam lakukan untuk menghilangkan cegukan dan itu sama halnya mengobati sekaligus menyiksa. heh😀 .

cara menentuan titik PC-6

cara penentuan titik PC-6

Nah, awalnya saya penasaran dengan hal tersebut dan mencari bukti ilmiah kenapa itu bisa terjadi . mungkin anda ada yang tidak percaya dengan terapi ini. tapi, saya pribadi sudah pernah merasakan efek dari titik ini secara langsung. dan ini hasil pencarian saya di salah satu situs pencarian jurnal penelitian international yang barang tentu sudah tidak asing lagi dikalangan dunia pendidikan dengan situs ini yaitu Pubmed[dot]com. saya mencari hasil research yang membuktikan efektifitas Akupunktur dalam menangani kasus ini. dan salah satu yang saya dapatkan disana adalah tulisan ini .

source: Pubmed[dot]com

source: Pubmed[dot]com

yang mana dalam tulisan ini penulis mampu membantu menghilangkan  secara total keluhan hiccup yang diderita oleh temannya dengan menggunakan satu titik Akupunktur yaitu titik PC-6 Neiguan. sungguh luar biasa bukan ? . keajaiban apa yang ada dibalik titik PC-6 Neiguan ?? . be continue .🙂
Akhirulkalam selamat mencoba dan semoga bermanfaat .🙂

One response to “Akupunktur untuk Hiccup

  1. ap hub. meridian Pc dngan perbaikan arah Qi lmbung???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s