Blood Letting Pada Titik Shaoshang (少商) untuk Penurun Panas


Jumat, 3 Mei 2013

Setelah usai kesibukan menyambut malam puncak disnatalis Poltekkes Kemenkes Surakarta rasanya memang cukup tenang karena udah nggak sesibuk minggu kemaren. dan sekarang hanya fokus pada kuliah dan kegiatan HMJ yang masih bisa dikendalikan. owh iya, selepas dari kesibukan tersebut penjual tissue didekat kampus omsetnya bertambah dong ( wew @@ apa hubungannya Donaa ??? ) bingung yaak . ?? nggak usah bingung lah nih Dona jelasin deh . soalnya anak” kelas pada beli tissue semua karena mereka pada flu + batuk  . hemmh . Weiqi ( Qi Pertahan tubuh) terserang oleh berbagai patogen eksternal entah itu patogen angin, panas atau dingin tapi kayaknya mereka flu akibat over strain deh . hahah . kayak kerja rodi ajh yak . :p . Awalnya sih Dona terbebas dari serangan patogen-patogen yang  jahat itu kan sistem imun’a kuat  .🙂 . Anak sehaat dong yah .😀 . tapi, nggak untuk saat ini, sistem imun benar-benar merosot terjun bebas dari keadaan biasanya.

Awalnya cuma ngerasa tenggorokan rada kering, hidung mulai meler dan terkadang mampet untuk jaga-jaga kondisi tubuh Dona cuma mengonsumsi tablet hisap karena diagnosa awal radang tenggorokan kambuh lagi. biasanya sekali pake tablet hisap keluhan udah berkurang langsung. tapi nggak ada perubahan, tenggorokan semakin kering, hidung meler terus , dan suhu tubuh meningkat. karena udah nggak nyaman dengan kondisi tubuh yang panas memberanikan diri deh untuk minum obat penurun panas walaupun phobia banget dengan yang namanya minum obat-obat kimia. nunggu reaksi obat selama 4 jam blum ada hasil badan tetap panas langsung ajh pengobatannya di kombinasi dengan Akupunktur. karena, nggak ada temen kost yang sama” dari jurusan Akupunktur terpaksa terapi sendiri pemilihan titik pertama titik Chize dan titik Hegu bagian sinistra diterapi selama 15 menit alhasil panas turun dan bertahan selama 4 jam usai penusukan. seusai shalat maghrib demam meningkat lagi malah lebih tinggi dari demam tadi siang, trus seusai makan malam langsung minum obat penurun panas lagi dan berharap bisa langsung tidur dan besoknya udah sembuh. karena panas yang tinggi jadi nggak bisa tidur dah. (mirs bgt yahh😦.  )

Karena malas banget berteman dengan yang namanya sakit

ambil langkah selanjutnya dengan yang namanya Blood Letting dititik Shaoshang dan ujung-ujung jari tangan (lihat gambar).

Lokasi titik Shaoshang

Lokasi titik Shaoshang

penusukan dengan lanset

penusukan dengan lanset

Bingung yah ??? Yup, saya coba jelasin semaksimal mungkin tentang blood letting. blood letting adalah suatu tindakan yang mengeluarkan darah dari tubuh yang bertujuan untuk menormalkan fungsi tubuh. karena saya mendiagnosa diri saya tergolong ke sindrom panas yang menyebabkan demam tinggi. saya melakukan prinsip terapi  mengeluarkan panas dengan metode pengeluaran darah. ( sesuai dengan penjelasan dosen di campus😀 ).

Peralatan yang dibutuhkan : jarum lanset+lanset, Bahan: kapas, tissue dan alkohol sebagai bahan disinfektan.

Cara melakukan blood letting:

  1. Siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Siapkan mental bagi yang takut jarum dan darah.
  3. siapkan lanset dengan kedalaman sesuai kondisi fisik pasien. kalau mau aman ambil kedalaman 3.
  4. disinfeksi bagian titik Shaoshang dan ujung-ujung jari yang bakal dikeluarin darahnya.
  5. tusukkan jarum lanset ke bagian yang telah di disinfeksi
  6. tekan jari-jari hingga darah keluar dan bersihkan dengan tissue. tekan terus sampe darah tidak mengalir lagi.
  7. lakukan pada ke dua titik Shaoshang dan 8 ujung-ujung jari tangan.
  8. setelah pengeluaran darah diharuskan untuk melakukan disinfeksi lagi untuk menghindari infeksi yang tidak diinginkan.

hemmh . gampangkan yah . dan alhasil dari terapi ini Alhamdulillah saya langsung turun panasnya dan tidur dengan nyenyak .🙂 . besoknya udah bisa mam es krim deh kebetulan ada yang traktir es krim . heh😀. tapi, inget yah  sebagai catatan khusus prinsip terapi ini kontra indikasi untuk pasien penderita defisiensi Xue dan bagi yang phobia darah sama phobia jarum jangan dipaksa buat dilakukan terapi dari pada nantinya syok.🙂

谢谢, terima kasih, arigato, thank you .🙂
semoga bermanfaat .🙂
info lebih lanjut hubungi saya dan nanti saya akan tanyakan kepada dosen saya heheh .🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s