Akupunktur untuk Calcaneus Spur ( sakit tumit)


tampak tulang yg tumbuh dri hasil rontgen

tampak tulang yg tumbuh tampak dari hasil rontgen

Bagi anda menderita nyeri tumit saat  menapakkan kaki ke lantai atau nyeri semakin bertambah saat anda berjalan. bisa dicurigai adanya tulang yang tak seharusnya tumbuh  malah tumbuh di area tumit anda. lihat gambar disamping.

kenapa bisa tumbuh ?

hemmh . bonus dri Tuhan kali yah . heheh . dikasih kelebihan tulang tapi sayangnya bonus yang satu ini bikin penderitaan yang tak berujung . (eaaa lebayy😐 ). tapi emang begitu adanya sih . tiap pasien yang menderita nyeri ini pasti selalu ngeluh setiap ditanyain tumbuh kembang tulang yang tak diharapkan tumbuh ini . kenapa saya bisa mengatakan demikian yah memang yang saya temukan demikian disaat saya praktek . pada setiap harinya ada kurang lebih 10 dari 50 orang yang menderita keluhan ini . untuk penyebab tumbuhnya tulang ini menurut pembimbing saya praktek beliau mengatakan karena terjadinya kekurangan kalsium dan menyebabkan terjadinya kalsifikasi tulang . nah, disini saya bingung yang saya tau terjadinya kalsifikasi tulang itu kalo adanya kalsium tapi kok malah disaat kekurangan kalsium yah terjadinya kalsifikasi tulang ? hemmh . beliau bilang yang namanya suatu kondisi yang kurang atau kelebihan didalam tubuh kita akan menimbulkan sesuatu yang patologis dan ini salah satu patologisnya . sebenarnya saya kurang puas dengan jawaban beliau  karena masih banyak tanda tanya yang ingin diutarakan bersama beliau tapi apa daya waktu tak mendukung untuk diskusi terlalu lama karena banyak pasien yang mengantri untuk diberikan terapi oleh beliau . setelah diterapi saya masih sempat menganamnesa pasien mengenai keluhannya dan tanya demi tanya yang saya lontarkan dapatlah saya menyimpulkan sesuatu yang memang belum pasti kebanaran’a . setiap pasien yang saya tanyakan 2 dari 3 penderita mengatakan dahulunya suka menggunakan high heel (dalambahasa indonesianya sepatu/sendal hak tinggi) .

high-heel-efect

sumber pict: astumd[dot]wordpress[dot]com

trus apa hubungannya ? nah saya juga bingung -_- . tapi, kebingungan saya terjawab sudah dengan seketika menghadap layar laptop colokin modem dan googling dengan bermacam keyword untuk mendapatkan hasil yang saya inginkan dan ternyata cari punya cari ketemulah suatu artikel yang menyebutkan bahwasanya high hells itu mengganggu kesehatan . untuk lebih tepatnya kenapa, kenapa dan kenapa ??? anda bisa browsing sendirilah yah dengan keyword-keyword yang kreatif supaya mendapatkan hasil seperti yang diinginkan .🙂 . dalam agama islam pun telah diterangkan dengan hukum yang jelas tentang larangan menggunakan high hells .🙂 .

nah itu salah dua tentang penyebab terjadinya tulang yang tumbuh pada calcaneus dan masih banyak lagi sih sebenarnya pencetusnya . nah, sekarang kalo kita udah tahu penyebabnya apa trus cara ngatasinnya gimana dong ? mungkin itulah alasan kenapa anda bisa masuk di blog saya dan menemukan tulisan yang tak seberapa ini.😀

Bagaimana cara mengatasi nyeri pada tumit ?

dalam kesempatan ini mungkin saya akan menjelaskan sesuai dengan disiplin ilmu yang tengah saya tekuni yaitu Akupunktur. tapi perlu diketahui Akupunktur hanya membantu untuk mengurangi rasa nyeri pada tumit dan tidak menjanjikan untuk menghilangkan tulang tumbuh tersebut. dan kalaupun ingin menghilangkan tulang tersebut yang saya ketahui adalah dengan cara mengikisnya (dioperasi kalau bahasa gaulnya medis😀 ) dan untuk lebih tepatnya tanyakan kepada yang lebih ahli yaitu bagian ortopedi . tapi, menurut pasien yang sudah pernah melakukan operasi ini beberapa lama kemudian tulangnya muncul lagi . nah loh . ! percuma dong kalo udah dioperasi tulangnya tumbuh lagi . tapi, ingatlah didunia ini nggak ada yang cuma-cuma bung (ehh malah ceramah gue -_-) . tapi memang untuk keluhan ini emang ada orang-orang tertentu yang memiliki bakat dalam menumbuhkan tulang . (kata pembimbing saya tuh) .

hemmh, bagi anda penderita nyeri tumit  dan sangat ingin mengurangi rasa nyeri di tumit, saya sarankan untuk tidak terlalu banyak aktifitas yang berat, atur pola hidup  dan pola makan yang sehat bisa jadi nyeri terjadi karena diperparah oleh asam urat anda yang tak terkontrol, atur berat badan ideal anda karena semakin gemuk  maka  akan semakin nyeri karena adanya tekanan di tumit sebagai penyokong tubuh, dan gunakan alas kaki yang empuk untuk mengurangi tekanan, dan bisa juga datang ke terapis Akupunktur.

dan bagi anda calon terapis akupunktur yang akan menemui berbagai keluhan pasien dan jika kebetulan mendapatkan kasus seperti ini . dan lagi ini hanya saran dri saya . ditempat praktek saya sudah sukup berhasil menangani kasus ini dalam mengurangi rasa nyerinya dengan mengambil titik lokal di sisi medial dan lateral kaki, (BL-60, KI-3) lihat gambar dibawah . dan ikuti alur meredian Shaoyin kaki ginjal dan meredian Taiyang kaki kandung kemih . tapi, titik-titik yang digunakan sangat berbeda kalau anda memahami tekhnik meredian Style dan sampai saat ini saya juga masih ingin belajar tentang tekhnik ini .🙂 . dan mungkin diantara yang baca ada yang lebih mengerti tentang meredia style tolong ajarkan sayaaaa .😀
semoga bermanfaat .🙂 salam sehat Akupunktur

titik titik akupunktur yang berada di lateral kaki

titik titik akupunktur yang berada di lateral kaki

titik titik akupunktur yang berada di medial kaki

titik titik akupunktur yang berada di medial kaki

4 responses to “Akupunktur untuk Calcaneus Spur ( sakit tumit)

  1. Ass. Dona. Saya mau tanya, seberapa persen akupunktur dapat menghilangkan nyeri pada sakit tulang tumbuh ini? ibu saya mengalami tulang tumbuh di tumit. mohon saran untuk pengobatan bila ada dan Dona mengetahui. Terima kasih.

  2. Asswrwb. Dona, tumit saya sudah didiagnosa ternyata ada tumbuh tulang, kalau tidak di obati atau diterapi apakah tulang yang tumbuh itu akan semakin bertambah besar ? selama ini saya cuma minum obat penghilang rasa sakit dan senam peregangan otot betis dan peregangan telapak kaki. Dan saya selalu pakai alas yang empuk terbuat dari karet.

  3. saya juga mengalami calcaneus spur, memang sangat sakit apabila bangun tidur dan habis banyak berjalan, dan ini udah lama saya rasakan, di kasih obat rasa sakitnya hilang. tetapi tidak membantu dlam jangka waktu yang lama. Akhirnya doktermenyarankan untuk dibuang saja. Dan ini saya baru saja menjalani operasi pembuangan calcaneus. Mudah2an saja ga tumbuh lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s