Gambar

Kegunaan Akupunktur


Kegunaan AkupunkturOk . Now let me let you know ..

Dalam beberapa waktu dan emang sering banget kalo saya ketemu kerabat, saudara atau bahkan orang yang nanyain ke saya ntah itu lewat sms, telpon, email, FB, TW, dan sosmed lainnya atau bahkan secara langsung  dengan pertanyaan ‘Apa sih kegunaan, khasiat, manfaat dari terapi Akupunktur itu . ?’ . sebenarnya ini pertanyaan nggak susah buat dijawab untuk kalangan Akupunktur Terapis . kan nggak lucu banget kalo seorang Akupunktur terapis nggak tau apa kegunaan akupunktur beserta manfaatnya . tapi, yang jadi masalahnya sekarang orang lain percaya nggak saat  kita jelasin manfaat dari akupunktur . trus selanjutnya mereka pasti kasih pertanyaan baru ‘kok bisa gitu ? gimana caranya ?’ dan InsyaAllah seorang Akupunktur pasti dan mungkin 98% bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik dan benar. tapi, sekarang masalahnya orang lain bisa ngerti nggak dengan apa yang kita jelaskan nantinya . maaf nih bukan’a kita ngeremehin . tapi, emang ada beberapa faktor X lainnya yang memang susah buat ngejelesin Akupunktur ini ke masyarakat umum . (untuk saat ini)

kenapa saya bilang susah, pertama yah memang dari keterbatasannya saya sendiripun sedikit susah dan untuk menjelaskan ke orang lain (masyarakat umum) . karena bahasa yang digunakan dalam Akupunktur terlalu banyak perbedaannya jika dibandingkan dengan ilmu kesehatan lain pada umumnya . dan lagi ini keterbatasan saya sendiri karena belum menguasai seutuhnya saat mata kuliah Korelasi AFA (Anatomi Fisiologi Akupunktur) . apa itu AFA sebenernya . ? yup, secara singkat AFA adalah mata kuliah yang menjembatani bahasa Akupunktur dengan bahasa medis lainnya supaya orang lain mengerti tentang AKupunktur itu sendiri.  dan insyaAllah saya selalu akan berusaha memahami dengan baik saat duduk manis dikelas saat dosen yang baik hati menjelaskan .🙂 .  kedua, kenapa saya bilang susah karena menurut hasil tes psikologi dan pandangan beberapa teman dekat saya ternyata saya ini orangnya humoris tapi emosian (trus apa hubungannya dong sama tulisan ini . ?? . ntahlah Dona juga bingung . hahah😀 ). opps maaf ini nggak ada hubungannya sama sekali . hemmh . kedua, saya nggak suka mengumbar janji kesana kesini . maksudnyaa mengumbar janji . ?? yah mengumbar janji kea orang yang jualan obatobat ajaib atau dukundukun ajaib gitu . seperti yang sering saya dapatkan saat dilampu merah lalu dikasih selebaran yang didalamnya terdapat janji-janji manisnya . seperti “mbah X dapat mengobati berbagai macam penyakit dari penyakit A-Z dan blablablabla lainnya” . kan nggak lucu seorang terapis Akupunktur janji-janji gitu . -_- .

tapi, melalui tulisan ini saya akan mencoba untuk menjelaskan dengan bahasa yang sederhana dan insyaAllah dapat dicerna oleh semua yang baca . ‘sebenarnya apa sih manfaat dari Akupunktur . ?’ .

Ok . now let me let you know …

Akupunktur bekerja dalam proses meyeimbangkan fungsi tubuh manusia . karena pada hakikatnya manusia akan merasakan rasa sakit (tidak nyaman) pada saat ada gangguan keseimbangan fungsi normal tubuh manusia . abnormal fungsi tubuh bisa berkaitan dengan darah, cairan tubuh, jaringan, organ dan sistem organ tubuh manusia . sebagai contoh seseorang yang menderita gangguan pencernaan dengan manifestasi klinik BAB berair, encer dan dalam dunia medis disebut dengan Diare . Dan dalam dunia medis sendiripun diare dijelaskan karena adanya gangguan pencernaan yang sebagian besar disebabkan oleh adanya bakteri, parasit dan infeksi dalam saluran cerna . tapi, dalam Akupunktur diare merupakan adanya keabnormalan pada organ limpa dalam mentranformasi dan transportasi makanan. (tuh kan bahasanya beda banget) .  OK sekrang lupakan perbedaan yang ada kita fokus kearah manfaat AKupunktur . Pada kasus ini Akupunktur sangat berperan penting dalam menormalkan fungsi organ limpa dengan cara melakukan penusukan dan perangsangan pada titik-titik tertentu yang memang memiliki indikasi dalam penormalan fungsi organ limpa . 

Dan pasti bukan sekedar diare yang bisa ditangani dalam terapi akupunktur . sangat banyak sekali kasus penyakit yang insyaAllah bisa diterapi dengan Akupunktur mulai dari penyakit yang disebabkan kelainan pada organ limpa, lambung, hati, empedu, jantung, ususkecil, paru, usus besar, ginjal, kandung kemih, mata, telinga, serta gangguan kejiwaan InsyaAllah bisa diselesaikan dengan Akupunktur . kalian sebut ini sebagai janji . ??

Kami sebagai seorang Akupunktur Terapis didikan dari instansi D-III Akupunktur Poltekkes Kemenkes Surakarta berani mengatakan dengan lantang dan tegas kalau Terapi Akupunktur dapat membantu dalam proses penyembuhan dari berbagai penyakit dari tiap organnya . karena kami dalam Akupunktur memahami dan mempelajari sistem organ tubuh manusia yang dibahas menurut kedokteran timur (Akupunktur) melalui mata kuliah Diagnosa Akupunktur dan kedokteran barat secara berbarengan . dan kami juga membahas berbagai macam penyakit beserta cara mengatasinya yang dibahas secara kedokteran timur (Akupunktur) dan kedokteran barat (medis) melalui mata kuliah patofisiologi .

Dona Aulia Abdullah Al-Farabi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s