Sindrom UAS Mahasiswa


Be best leader for ur self in exam:)

Be best leader for ur self in exam:)

UAS UAS UAS UAS UAS UAS yah UAS namanya . singkatan dari kata Ujian Akhir Semester yang selalu hadir disetiap akhir semester perkuliahan . ada apa dengan UAS ? ada Apa dengan Mahasiswa ? apa hubungannya UAS dengan Mahasiswa ? . aaaaarrrgghh gg perlu dijawab . >.< Dona #Gila

ya ya ya ya, UAS pasti dialami semua mahasiswa . Dan mahasiswa punya ceritanya masing-masing dalam menghadapi UAS . Bagaimana dengan si Gadis Minang Bumi Raflesia yang satu ini ?? . hemmh . kalo ditanyain ke Dona tentang UAS . jujur banget dari hati yang paling dalam dan logika yang paling rasional Dona jawabnya ‘UAS itu bikin Cape’ . bukan maksud hati untuk ngeluh dalam tulisan ini tapi ini adanya . ini yang Dona rasain  . ini yang Dona alami . Demi UAS rela nggak tidur, rela nggak main, rela ngunci diri dikamar  dengan handout” yang selalu ngeberantakin kamar, dan rela dibilang orang gila saat diatas motor tetep ngebaca handout sambil ngapalin materi kuliah kea orang autis . (yang satu ini mohon jangan diikutin . hanya mampu dilakukan oleh mahasiswa yang professional . #Halaaah -_-)  . yah semuanya demi demi lah . tapi, sungguh Dona jalanin serangkaian UAS ini dengan hati yang ikhlas dan penuh dengan rasa tanggung jawab . karena Dona yakin dengan semangat, dukungan dan doa dari orang” terkasih Dona mampu lewati ujian ini dengan baik dan insyaAllah Allah berikan hasil yang seimbang dengan kerja keras Dona . Dona siap terima apapun hasilnya karena Dona dah lakukan semaksimal yang Dona bisa🙂

Tumpukan Handout

Tumpukan Handout

Tapi, walaupun ikhlas lahir dan batin tetep ajh bermunculan banyak gejala yang tak mengenakan saat UAS berlangsung .

  1. Gejala pertama munculnya jerawat-jerawat nakal di wajah terutama dibagian jidat . hemmh . banyak yang bilang ini karena Dona terlalu stress dalam menghadapi UAS . tapi memang setiap menghadapi UTS atau UAS dibagian frontal kepala alias jidat selalu muncul yang namanya Acne Vulgaris atau jerawat . sangat mengganggu .😦

  1. Gejala kedua yaitu nafsu makan meningkat . terus-terusan ngerasa laper . bawaannya kea ngidam gitu deh . hemmh . uang jajan bisa dobel nih keluarnya .
  2. Gejala ketiga yaitu awalnya anak kost yang terkenal dengan insomnia’a . selalu tidur jam 1, 2 atau jam 3 gpp dan tetap sehat . karena emang susah tidur . disaat UAS tiba” Insomnia menghilang  dan alhasil jam 9 malam udah ngantuk ajah coii . bawaannya mau tidur mulu . padahal materi banyak yang harus dipelajari .
  3. Gejala keempat kebanyakan ngeluh dari biasanya . bisa berkali-kali lipat . hahah . kalo ini mah Dona emang sering . :p 
  4. Gejala kelima tanda-tanda flu dan daya tahan tubuh menurun . seringkerasa pusing . (yah kea yang Dona alami saat ini .😦 ) .
  5. Gejala keenam emosinya labil banget . bawaannya pengen marah mulu, tiba” nangis, tiba-tiba kea anak autis yg sibuk dengan handout . kalo ada sms atau telpon masuk bawaannya pengen marah . karena berasa keganggu . ckck . labil banget padahal ngepas sama masa” PMS tuh . hahah😀 .
  6. Jadi keseringan melow dan kangen rumah untuk anak” yang ngekost kea gue gini . kangen dipeluk Ayah-Umi . kangen dibangunin dini hari untuk belajar kea waktu SMA .😦 . hemmh
  7. dan banyak lagi yang nggak mungkin gue ceritain semua . keliatan banget ntar gue begoknya . haha😀 . berusaha nutupin keburukan diri . wkwk :p 

Trus, tipsnya apa dong Don biar nggak ngalamin tanda-tanda yang nggak enak banget itu . ?
yah, kalo nanyanya ke Dona keanya salah deh . orang itu ajh Dona yang ngalamin dan Dona belum bisa ngatasin masalah itu . tapi, ngeliat dari semuanya dan belajar dari pengalaman . (bukan maksud hati menggurui) yang harus disiapin untuk menghadapi UAS yaitu :

  1. Dekatkan diri kepada Allah . karena ujian yang sesungguhnya hanya datang dariNya dan insyaAllah dia punya jalan keluar untuk menghadapi semua ujian yang ada .
  2. Kalo udah berhasil ngebangun hubungan yang intens kepada Allah . insyaAllah dihindari dari sifat-sifat tercela saat ujian . yah, udah pada tau kan yah maksudnya apa .🙂
  3. Bangun kepercayaan diri yang kuat kalo kamu mampu menghadapi ujian dengan hati yang ikhlas .
  4. Jaga kondisi kesehatan dengan konsumsi makanan yang sehat dan teratur . serta olahraga yang cukup . walaupun hanya naik turun tangga kost bolak balik ambil makanan di kulkas . itu sudah termasuk olahrga . haha . olahraga apaan ? Dona ngebela diri tuh . :p
  5. Bikin jadwal belajar tertulis supaya selama belajar kamu punya target pencapaian . Cieeee teorinya Dona bisa banget😀 . prakteknya ?? . haha . hanya Allah, dosen , dan Dona yg tau . :p
  6. Inget TUJUAN kamu kuliah itu APA ?? dan tetap FOKUS .🙂

InsyaAllah bisa hadapin UAS dengan tenang . dan insyaAllah bisa ikhlas dengan apa yang terjadi dengan hasilnya . jikalau memang harus mengulang ujian atau remediasi . nggak papa namanya juga lagi belajar . Dan insyaAllah dunia belum berakhir kok dengan adanya nama kamu di daftar ujian ulang .😀 . ( hahaha . ini keanya penglaman pribadi banget yang remed . :p )

Dan INGAT UAS bukan segalanya,  angka yang dihasilkan dari UAS bukan tolak ukur kamu menjadi Mahasiswa yang smart . karena lingkungan kamu lebih menghargai proses bagaimana kamu memperoleh hasil tersebut dan tidak hanya  menghargai tulisan angka diatas kertas itu . !! . Dan faktanya dunia  lebih menilai kamu sebagai sosok mahasiswa yang berakhlak mulia dengan melihat KEPRIBADIAN dan bukan NILAI . karena kepribadian tidak bisa di manipulasi oleh siapapun . cepat atau lambat, akut atau kronis, sengaja atau tidak sengaja mereka akan tahu siapa kamu sesungguhnya . !🙂 . karena Allah nggak pernah tidur, Allah Maha Adil, Allah Maha Bijak . dan Allah akan tunjukkan yang benar itu benar dan yang salah itu salah .🙂

BarakaAllah .🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s