Kehidupan Kost


Yup, tulisan  ini masuk ke folder #CurhatTime ..
hemmh . Cuma pengen iseng nulis ajh nih tentang pengalaman gue selama udah kurang lebih 2,5 tahun menjadi anak kost’an yang jauh dari orang tua . siapa tau bermanfaat buat adek-adek atau bahkan kakak-kakak yang mau merintih karir menjadi anak kost’an yang hidupnya nggak bisa diduga baik dan buruknya . hahah
Jauh dari orang tua bukan suatu yang indah untuk anak-anak yang emang blom terbiasa jauh dari keluarga . Yang biasanya semua diurusin dan diatur oleh sang manager alias mama, ibu, umi, mami, atau bunda mulai dari bangun tidur, aktivitas sehari-hari, makan, mandi, jalan, hingga tidur lagi semuanya diatur sang bunda dan kita hanya ikut aturan mainnya bunda .
Tapi, semua nggak berlaku lagi saat jauh dari bunda semuanya harus diatur sendiri sist . Ini waktu yang tepat untuk mengubah sifat dari anak manja menjadi anak mandiri, bijak dan komitment dengan tujuan awal ngekost buat apa . Dan ngekost jangan dijadiin alesan untuk lepas dari aturan ayah bunda dirumah jika nggak mau nyesal di ujung jalan .
oh iya btw ngekost kenapa sist ? kuliah kah ? kerja ? atau kabur dari rumah karena dipaksa nikah ? . hahah . kea jaman Siti Nurbaya ajh yak . :p
Tapi apapun alesan kalian untuk memilih hidup menjadi anak kost saat jauh dari keluarga Dona cuma pengen kasih tips dan trik yang simple ajh .
Now let me let you know..

Anak kost

Untuk kamu yang ngekost dengan kesibukan kuliah dan LDR dengan keluarga tercinta . Apalagi untuk 6 bulan pertama ngekost yang dimana masa-masa labil dan kangen-kangennya sama keluarga . Berikut tips-tips’a

  1. Siapin handphone lebih dari 1 minimal 2 dan diisi dengan provider yang berbeda. Fungsinya yah untuk mempermudah menghubungi keluarga .
  2. Hubungi bunda atau ayah minimal 2 hari sekali untuk mengurangi rasa khawatir .
  3. Minimal saldo pulsa nggak boleh kurang dari 10ribu untuk menghindari hal-hal yang nggak keduga.
  4. Selalu kasih kabar baik dan hindari menangis saat telpon sang bunda karena itu bisa mengakibatkan kekawatiran bunda yang teramat mengganggu pikiran beliau .
  5. Apapun yang terjadi tetaplah berusaha untuk memberikan kabar yang baik untuk bunda meskipun terkadang beliau tahu kalau kita sedang berbohong . tapi demi kebaikan kesehatan pikiran beliau, berbohong suatu hal yang dianjurkan (saat itu). jadilah seorang yang dewasa untuk menyelesaikan masalah sendiri.
  6. Buatlah jarak yang jauh menjadi jarak yang sangat dekat dengan manfaatkan teknologi informasi yang sudah begitu canggih di tahun 2014 ini . kita bisa webcaman bareng keluarga entah itu lewat YM, FB, atau Skype. berkirim foto lewat BBM, WeChat, Whatsapp, MMS,Line, Instagram dan banyak lagi jejaring sosial yang memfasilitasi hal tersebut . sungguh sangat membantu .

Dan untuk tips menghadapi masalah gizi anak kost . berikut tips tips’a:

  1. Selalu makan tepat waktu yah sesibuk apapun aktivitas kampus diharapkan untuk jadwal makan jangan sampai kelupaan . karena tubuh kita punya hak untuk mendapatkan sesuatu yang baik .
  2. Selalu tepat pemilihan tempatnya . Untuk yang muslim diusahakan jajan di tempat yang bener-bener halal lagi baik dan baik lagi halal . karena sekrang banyak penjual makanan yang nakal dengan menghalalkan segala cara . Untuk jaga-jaga ada baiknya makan di tempat ibu-ibu yang jual dengan menggunakan kerudung ( #Rekomendasi ) InsyaAllah bakal halal 98% .
  3. Jangan pernah tergoda dengan harga yang murah . mending utamakan kualitas dari pada harus berhemat seribu atau duaribu bila akhirnya nanti bakal bayar rumah sakit jutaan rupiah .🙂
  4. Selalu siapin cemilan yang bergizi di kost seperti coklat, roti, madu, dan susu . jangan sampe dah ngerasain laper di kost . nggak enak banget apalagi kalo lagi hujan dan mati lampu . kesiksanya lahir batin dah . Dona pernah ngerasain . hahaha :)) . dan mohon dengan sangat hindari untuk konsumsi mie instan kecuali dalam kondisi yang mendesak banget.
  5. Simpen semua nomor rumah makan yang memiliki jasa delivery order karena ini sangat berarti sekali dikondisi lagi laper sendirian di kost, males keluar kost, banyak tugas, dan hari hujan . jasa delivery order itu layaknya malaikat yang jatuh dari langit . berkah yang tak ternilai harganya .

Dan untuk anak-anak kost yang baru nyampe di kota orang biasanya suka kepo tempat-tempat wisata di kota tersebut. Untuk tips jalan-jalan di lingkungan kost yang baru:

  1. Jangan pernah lupa bawa hp
  2. Jangan lupa bawa uang beserta ATM
  3. Jangan malu bertanya
  4. Tanamkan dalam diri bahwa ‘TAK SEMUANYA ORANG ITU JAHAT’ tapi inget harus tetap was-was terhadap orang yang baru dikenal.
  5. Gunakanlah bahasa Indonesia yang benar jika belom mampu menggunakan bahasa daerah setempat (daerah di Indonesia)  . InsyaAllah mereka yang baik akan menggunakan bahasa Indonesia yang baik juga .🙂
  6. Simpen semua nomor Taxi karena sangat bermanfaat sekali untuk antar jemput saat kita butuh transportasi.

Trus tips apa lagi yah . hemmh . Tips cara belajar ? . hahah . jangan tanyain yang ini deh . Dona bukan orang yang terlalu berhasil dalam proses belajar . takutnya bakal salah kasih tips urusannya sampe akhirat . haha .:D
Tips menghadapi tetangga kost ajh kali yah . untu kyang ini sih tergantung sama kita pribadi aja kalo kita bisa sopan, ramah dan mengharagi hak orang lain InsyaAllah bakal aman, damai, dan tentram deh di kost .🙂
Tips mengatur keuangan ? . untuk yang ini Dona ‘No Coment. !’
Tips mengatasi kejenuhan, kalo untuk mengatasi kejenuhan sih banyak banget Dona punya. salah satunya yah nulis di blog ini, main ma temen-temen campus, temen-tmen kost, shopping, hunting kuliner dan balik lagi ke individu masing” sih .
Tips mengatasi hubungan pertemanan ? dan ini tips yang ampuh banget ngatasin bosen dalam berteman ala Dona . kalo bisa temen kost itu sama temen campus itu beda  dalam artian jangan satu kost dengan temen satu jurusan atau bahkan satu kelas .  Disamping kita punya banyak teman disisi lain kita bisa ngatasin rasa bosen kita . jadi kalo bosen main sama anak kelas kita bisa main sama anak kost . kan bosen kalo setiap hari ketemunya sama dia dia ajh . di campus bareng dia, di kantin bareng dia, dijalan bareng dia, di kost bareng dia lagi . Sumpah ini pasti pertemanan yang bakal jenuh banget karena pada dasarnya walupun manusia itu makhluk sosial adakalanya manusia butuh waktu sendiri dan hargai privacy mereka .🙂

Dan intinya buang jauh-jauh mindset anak kost itu anak yang kurang gizi, kurang perhatian dan hidupnya nggak tentu . Jadilah anak kost yang sehat dan selalu bahagia diawal bulan maupun akhir bulan . Tetap bisa jaga diri . dan fokus tujuan awal ngekost buat apa . InsyaAllah bakal berhasil lewatin semua rintangan yang ada .🙂
dan ingat ‘TIDAK SEMUA ORANG ITU JAHAT’ . !🙂

4 responses to “Kehidupan Kost

  1. dulu kuliah saya nggak ngekost, pulang pergi ke rumah

  2. dri kost kita jdi blajar lebih mandiri…😉

    yuukkk gabung & sharing jg sputar Kost & Kontrakan di jejaring sosial ParaKOSTer – Komunitas Anak Kost Terbesar di Indonesia makasih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s