Profesi Akupunktur


Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian dan Akupunktur adalah pengobatan atau pemeriksaan orang sakit dengan tusuk jarum (cara pengobatan Cina). Dapat disimpulkan bahwa profesi akupunktur adalah bidang pekerjaan dalam pengobatan atau pemeriksaan orang sakit menggunakan jarum yang dilandasi dengan pendidikan keahlian.🙂 Setuju dong yaaah sama kesimpulan yang saya buat .😀
klinik akupunktur
Nah, Saat ditanyain apa profesi anda ? . Dengan bangga saya akan jawab saya seorang Terapis Akupunktur yang insyaAllah pasti profesional🙂. Tapi yang jadi pertanyaan berikutnya yang sering saya dengar dilapangan adalah “Emang Akupunktur pake pendidikan yah?”. Ya, hampir 1 tahun saya mendirikan praktek mandiri Akupunktur yang saya beri nama Keluarga Sehat Akupunktur. Kurang lebih 87% pasien saya awalnya mengira saya hanya belajar akupunktur lewat kursus (Pendidikan non formal), ditambah mereka yang kaget saat melihat foto saya menggunakan toga terselip dibawah kaca meja periksa saya. Mereka mengira saya  lulusan ekonomi dan bisnis tapi kok bisa praktek Akupunktur.
Saya sangat suka dengan wajah cengoh melongonya mereka saat bergumam “Oooowh”, saat saya jelaskan saya bukanlah anak lulusan akonomi tapi saya lulusan D-III Akupunktur Poltekkes Kemenkes Surakarta.
Kalau para Dokter punya organisasi yang disebut dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia), Bidan dengan sebutan IBI (Ikatan Bidan Indonesia), Perawat disebut dengan PPNI dan Akupunktur juga punya organisasi yang disebut dengan HAKTI (Himpunan Akupunktur Terapis Indonesia).
Berikut Visi dan Misi HAKTI yang saya copas dari website resmi HAKTI (www.hakti.org)
VISI
Pada tahun 2020 menjadikan Perhimpunan Akupunktur Terapis Indonesia sebagai salah satu organisasi profesi yang bermitra dengan institusi kesehatan di tingkat pemerintahan pusat, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota serta menjadikan anggotanya sebagai tenaga kesehatan yang berdayaguna di fasilitas pelayanan kesehatan.

MISI

  1. Mewujudkan nilai-nilai tanggung jawab, sportifitas, dan kecintaan terhadap profesi
  2. Mendorong terbentuknya kepengurusan HAKTI di daerah-daerah
  3. Memasyarakatkan akupunktur
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi kesehatan milik pemerintah, swasta, maupun dengan organisasi profesi kesehatan lainnya
  5. Aktif berpartisipasi dan mengawal perumusan kebijakan bidang kesehatan untuk kepentingan organisasi
  6. Meningkatkan keilmuan dan kompetensi supaya memiliki daya saing yang tinggi
  7. Mewujudkan pemanfaatan akupunktur di fasilitas pelayanan kesehatan secara nasional

Amin Amin Ya Allah semoga visi dan misinya tercapai .🙂

Banyak sekali masyarakat yang belum mengenal akupunktur karena yang ada dalam pikiran mereka akupunktur itu sakit karena dilakukan dengan penusukan jarum ke kulit dan mereka lebih memilih makan obat obat dan obat untuk menyembuhkan penyakit mereka. Tetapi mereka tidak sadar akan pengaruh obat-obatan yang mereka konsumsi dan lagi tidak mengetahui kalau akupunktur itu pengobatan tanpa efek samping. Akupunktur memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita karena akupunktur itu tujuannya menyeimbangkan fungsi normal tubuh.

Sangat banyak yang bertanya kegunaan akupunktur itu sendiri apa ? Perlu anda ketahui Akupunktur tidak hanya bermanfaat buat manusia tapi akupunktur juga bermanfaat untuk hewan. Ini beberapa gambar dan testimoni mereka tentang akupunktur yang saya capture dari instagram. Let me show you the picture..

Manfaat Akupunktur (6) Manfaat Akupunktur (1) hewan

Dari beberapa capture yang saya ambil ada 1 foto yang menarik perhatian saya, gambar tersebut dari akun instagram dengan id @nofunmary disana dia mengupload 1 foto anjing yang sedang diterapi akupunktur, ia menulis dengan caption “Sunday acupuncture flow. Post stroke puppy #acupuncture #dogacupuncture” yang kalau gak salah artinya “Aliran akupunktur dihari minggu untuk anak anjing pasca stroke”  Woooow itukah artinya ? saya tak pandai berbahasa inggris hehehe. Kalaupun benar artinya demikian ternyata anjing pun bisa kena stroke ??! Oh my goodness😮 .

Manfaat Akupunktur (25)

Memang dari beberapa foto yang saya ambil berasal dri orang luar karena memang kalau diluar negeri pengobatan Akupunktur bukan menjadi pilihan alternatif tapi menjadi pilihan pertama sebelum mereka harus minum obat. Begitupun dengan hewan peliharaan mereka. Teman saya punya pengalaman menangani kasus mimisan pada anjing dan itupun anjing pasien. Awalnya pasien belum tahu kalau akupunktur bisa untuk hewan dan saat pasiennya teman saya bercerita tentang anjingnya yang mimisan teman saya menawarkan untuk memberikan tindakan akupunktur untuk anjingnya dan si pasien pun setuju. Teman saya mengambil salah satu titik akupunktur dan alhamdulillah beberapa saat kemudian mimisan berhenti. Dibawah ini saya lampirkan hasil capture chatingan saya sama beliau. Beliau teman sekelas saya dibangku kuliah, dan juga sudah buka klinik  di Yogyakarta. Monggo buat kalian yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya kalau mau Akupunktur saya rekomandasikan ke tempatnya. Namanya Radyanto Iwan seorang laki-laki yang mau request kontaknya bisa hubungi saya lewat email.

Akupunktur untuk hewan

the next capture ..
Manfaat Akupunktur (23) Manfaat Akupunktur (26) Manfaat Akupunktur (22) Manfaat Akupunktur (21) Manfaat Akupunktur (19) Manfaat Akupunktur (18) Manfaat Akupunktur (17) Manfaat Akupunktur (15) Manfaat Akupunktur (13) Manfaat Akupunktur (12) Manfaat Akupunktur (10) Manfaat Akupunktur (9) Manfaat Akupunktur (8) Manfaat Akupunktur (7) Manfaat Akupunktur (5) Manfaat Akupunktur (4) Manfaat Akupunktur (3)

Dan yang nggak kalaaah mencuri perhatian saya adalah hasil capture yang dibawah ini. Dari gambar terlihat ada kaki yang diberikan moksa batang di sekitar jari kelingking kaki, kalau boleh saya menyimpulkan itu pemanasan dengan moksa dititik BL-67 (Zhiyin).

Manfaat Akupunktur (16)

Kenapa saya bilang foto ini mencuri perhatian saya karena titik ini merupakan titik fenomenal yang pernah saya pelajari. Dalam buku karangan Koosnadi Saputra beliau mengatakan BL-67 (Zhiyin) memiliki indikasi sakit kepala, obstrukksi hidung, epistaksis, kelainan letak fetus, kesukaran persalinan, rasa panas di telapak kaki dan retensio plasenta. Selama saya mengikuti kuliah para dosen dan diskusi antar mahasiswa titik ini selalu diangkat dan disepakati sebagai titik yang ampuh untuk mengmbalikan posisi normal bayi yang sungsang. Tetapi karena saya belum melihat faktanya saya tidak begitu interest dengan kasus ini dan titik ini pernah diangkat dalam forum group di FB bersama para terapis Akupunktur dan saya hanya menyimak. Setelah melihat gambar dibawah ini dan membaca caption dari sang pemilik akun instagramnya saya jadi sangat tertarik ingin mempraktekkannya. Luar biasa yah Akupunktur🙂

Banyak lagi manfaat akupunktur dibidang pengobatan penyakit jantung, ginjal, hati, limpa, paru, lambung, usus besar, usus kecil, kandung kemih, dan kandung empedu. Manfaat akupunktur untuk kecantikan dan pelangsingan.
Intinya Profesi Terapis Akupunktur itu mirip seperti dokter yang sama-sama mengurangi keluhan yang dirasakan pasien. Tapi bedanya kami pengobatan berbasis ‘Back to nature”..
Salam sehat dengan Akupunktur🙂

Tinggalkan Balasan

