“Morfin” yg Baik Untuk Orang Tua


Dari data kunjungan tempat praktek mandiri Keluarga Sehat Akupunktur selama kurang lebih 1,5 tahun didapati 55% pasien yang datang rata” berusia 55-70 tahun dengan berbagai macam keluhan. Menurut Setiati (2013) Jumlah penduduk usia lanjut di Indonesia mencapai peringkat lima besar terbanyak di dunia, yakni 18,1 juta pada tahun 2010 dan akan meningkat dua kali lipat menjadi 36 juta pada tahun 2025.
Kamus kesehatan menerangkan bahwa geriatri adalah cabang kedokteran yang berkenaan dengan diagnosa dan pengobatan atau kadang-kadang hanya pengelolaan dari kondisi dan gangguan yang terjadi pada usia tua. Istilah geriatri juga mengacu pada perawatan medis untuk orang tua pada umumnya.

image

Geriatri berbeda, namun terkait, dengan bidang lain yaitu gerontologi (yang melibatkan studi tentang perubahan yang terjadi dalam pikiran dan tubuh selama proses penuaan).Geriatri penting karena orang dewasa tua mungkin bereaksi terhadap penyakit dan kondisi secara berbeda dengan orang dewasa muda.
Dikutip dari artikel Pusat Geriatri Nasional menyebutkan bahwa pasien geriatri adalah orang tua berusia 60 tahun ke atas yang memiliki penyakit majemuk (multipatologi) akibat gangguan fungsi jasmani dan rohani, dan atau kondisi sosial yang bermasalah.

image

Pasien geriatri memiliki karakteristik khusus, yaitu umumnya telah terjadi berbagai penyakit kronis, fungsi organ yang menurun, dan penurunan status fungsional (disabilities). Akibatnya, pasien geriatri sering mendapatkan banyak obat dari banyak dokter. Hal ini justru membahayakan tubuh mereka karena fungsi-fungsi organ yang sudah menurun.
Nah harusnya semakin menurunnya fungsi organ tubuh manusia maka semakin meningkat pula lah kebutuhan obatnya. Tapi yg jadi permasalahan disini terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan akan memperparah penurunan fungsi organ tubuh terutama organ hati dan ginjal.
Lantas apa yang harus kita lakukan dengan kondisi yang seperti ini ? Pilihan cerdas dan tepatnya adalah  memilih pengobatan yg berfungsi meningkatkan fungsi organ tubuh dengan tidak memiliki efek samping dalam penurunan fungsi organ. Bisa dengan self healing (penyembuhan sendiri) yg dibantu dengan yoga, shalat yg khusyuk bagi yg muslim dan diharapkan dengan melakukan hal ini kita lebih merasa jauh lebih tenang lebih damai dan lebih berserah diri padaNya. Jika anda seorang anak maka sempatkanlah diri untuk mengobrol pada orang tua, dengarkan cerita mereka walaupun terkadang cerita mereka itu sudah kita dengarkan berulang-ulang kali. Terkadang para orang tua hanya butuh perhatian dari anak”a yg sekarang telah tumbuh dewasa sibuk dengan pekerjaan dan seakan ada tembok pemisah yg membuat para orang tua merasa kehilangan anaknya yg dulu ia besarkan. Buatlah mereka tertawa seperti dulu mereka membuat kita tertawa waktu kecil.

image

Andaipun dengan cara ini tidak bekerja dengan baik dalam mengurangi rasa sakit yg dirasakan cobalah untuk Terapi Akupunktur bersama ahlinya. Karena Akupunktur dengan menusukkan jarum steril ke titik akupunktur tertentu dapat menstimulasi pengeluaran hormon endorphin dalam tubuh. Hormon endorphin ini juga sering disebut sebagai hormon kebahagiaan yang berfungsi sama seperti morfin yang sifatnya menenangkan dan membuat nyaman. Selain memiliki fungsi dalam menstimulasi keluarnya hormon endorphin, akupunktur juga dapat meningkatkan fungsi organ tubuh manusia dan anti aging (anti penuaan).

image

Jadi sekarang gimana orang tua kamu mau di akupunktur sama aku ? And well sampaikan salam saya buat orang tua anda semoga selalu sehat dan bahagia, karena telah memiliki anak yg telah menyempatkan untuk membaca tulisan ini .🙂. Jika anda seorang anak, besar harapan saya semoga anda  dapat memberikan perhatian penuh untuk beliau. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s