Perbedaan yang buat kita tampil menawan


“hahaha . Judul coretan kali ini apaan banget deh, mohon untuk diabaikan😀 kita fokus pada inti coretan ..”
Manfaat Akupunktur (8)

Selama praktek akupunktur mandiri nggak sedikit pasien yang sudah pernah menjalani akupunktur di klinik lain dan melanjutkan terapi akupunktur bersama saya. Ada beberapa orang pasien yang kritis dengan bertanya banyak tentang beberapa hal yang menurut saya ini perlu untuk dijelaskan kepada masyarakat awam. Berikut pertanyaan yang sering dilontarkan para pasien:

  1. Dulu sama dokter yang itu saya ditusuk bagian ini kok sama mba saya ditusuk bagian itu ?
  2. Dulu saya nggak pake setruman(read: ES_stimulasi elektrostimulator) kenapa sekarang pakai setruman ?
  3. Dulu setruman nya nggak kayak gini kok sekarang gini (read: pemilihan jenis gelombang ES ) ?
  4. Dulu saya sama dokternya di bekam dulu kok sama mba nggak dibekam?
  5. Dulu saya ditusuknya kok sakit banget yah kok sama mba gak ada rasa, apa saya udah mati rasa ? (wah pasien ini sudah terkesima sama saya sepertinya hahaha_becanda deng :D)
  6. Dulu saya sama dokternya dibekam sampe keluar banyak darah kok ini gak dikeluarin darahnya ?
  7. Dulu saya pernah bekam di kepala sampe dibotakin kok ini cuma di bagian punggung saja ?
  8. Dulu saya ditusuk 12 jarum kok sama mba Cuma 8 jarum ?(penghematan jarum sih sebenernya wkkwkwk becanda deng😀 )
  9. Dulu saya ditusuk pake jarum yang panjang kok sekarang sama jarum yang pendek ?
  10. Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyan perbandingan lainnya.
  11. Ini pasien kritis yang buat saya harus belajar lagi lebih banyak. Terima kasih telah menjadi pasien yang cerdas🙂

Dari sekian banyak pertanyaan yang diungkapkan, secara umum bisa saya sampaikan bahwa akupunktur itu adalah seni. Seni berfikir dan seni dalam memberikan tindakan. Setiap terapis akupunktur pasti punya landasan teori kenapa melakukan tindakan tersebut kepada seorang pasien. Disaat ditanyakan kenapa melakukan tindakan ini? pasien berhak mendapatkan jawaban dan seorang terapis wajib memberikan penjelasan yang tepat dan benar serta dapat dipertanggung jawabkan.

Mengenai pemilihan titik, seorang terapis akupunktur mempunyai alasan tersendiri kenapa memilih titik tersebut. Sama halnya dengan seorang dokter yang memberikan obat kepada pasien. Pasien yang mengalami panas atau demam, salah seorang dokter mungkin memberikan paracetamol dalam bentuk tablet ada yang memberikan paracetamol dalam bentuk sirup. Beda dokter maka akan beda resep obat yang diberikan tapi semua dokter memiliki tujuan yang satu yaitu untuk mengurangi keluhan yang dirasakan pasien. Begitupun dengan seorang terapis akupunktur untuk penderita sakit kepala ada terapis yang menggunakan titik baihui&yintang ada juga yang menggunakan titik hegu&zusanli tapi merekapun punya tujuan yang sama yaitu untuk mengurangi keluhan dan membuat pasien merasa nyaman dan relaks.

Dalam coretan ini saya berikan sedikit rahasia bahwa sebenarnya ilmu akupunktur itu sangatlah luas tidak selucu dan hanya sekedar jarum yang  tertusuk pada bagian tubuh. Ada proses menyeimbangan metabolisme tubuh  yang terjadi setelah jarum mengenai titik akupunktur. Dalam ilmu akupunktur ada beberapa tekhnik yang digunakan seorang terapis akupunktur antara lain dari tekhnik  Scalp-acupuncture (akupunktur kepala), Ear-acupuncture (Akupunktur Telinga), Abdominal-acupuncture (akupunktur perut), Hand-acupuncture, Foot-acupuncture, Tung’s acupuncture, YNSA acupuncture, Meredian Style, AFA Acupuncture dan banyak lagi tekhnik-tekhnik lainnya. Setiap tekhnik memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang pasti terapis akupunktur tahu kapan menggunakan tekhnik Tung’s Acupuncture dan kapan menggunakan tekhnik Abdominal Acupuncture. Begitupun dengan kombinasi Elektrostimulator dan bekam. Semuanya disesuaikan dengan kondisi pasien saat diperiksa. Insha Allah yang terbaik merupakan pilihan terapis untuk pasien. Amin🙂

Selalu berbaik sangka dan tetaplah menjadi seorang yang cerdas dalam menentukan pilihan, begitupun dalam menentukan pasangan hidup hahaha (mung guyon kok wkwk ). Semoga Allah senantiasa memberikan cobaan dengan dibarengin banyaknya peluang kemudahan. Amiiin🙂

2 responses to “Perbedaan yang buat kita tampil menawan

  1. Ingin berkenalan dengan pengamalan perubatan Akupunktur, Bekam dan Urut agar Ziarah amalan Rezeki. saya baru berjinak-jinak dah berani membuka Pusat Rawatan Akupunktur, Bekam dan Urut. Jadi saya ingin jadikan Dona rakan dan rujuk dalam bidang ini – boleh kan

Tinggalkan Balasan

