Akupunktur Pada Fibriomialgia


Fibromialgia merupakan sindrom nyeri kronik yang ditandai dengan nyeri muskuloskeletal dan kekakuan otot yang tersebar luas, meliputi keempat kuadran tubuh, sisi kiri dan kanan serta atas dan bawah tubuh. Kondisi yang bersifat kronis atau jangka panjang ini juga terkadang disebut dengan istilah sindrom fibromyalgia. Fibromyalgia bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak, Prevalensi Fibromialgia pada populasi umum di berbagai negara berkisar antara 2-5%, wanita 7 kali lebih banyak daripada pria, sebagian besar berusia 35-65 tahun.fibromyalgia.jpg

Patofisiologi Fibriomialgia awalnya diduga sebagai penyakit infl amasi otot, tetapi ternyata tidak ditemukan kelainan pada biopsi otot maupun anatomi sistem saraf sehingga Ffibriomialgia digolongkan ke dalam nyeri fungsional. Patofisiologi fibriomialgia  belum sepenuhnya jelas. Tetapi beberapa para ahli mengajukan beberapa teorinya.

Penelitian-penelitian skala besar membuktikan bahwa nyeri pada fibriomialgia  tersebar luas akibat disfungsi susunan saraf pusat. Nyeri diduga berasal dari ketidakseimbangan neurotransmiter susunan saraf pusat yang menyebabkan amplifi kasi/sensitisasi sentral. Pada fibriomialgia terjadi peningkatan kadar neurotransmiter eksitatorik glutamat, nerve growth factor, brain derived neurotrophic factor, dan substansi P, kadar substansi P cairan serebrospinal pasien fibromialgia tiga kali lebih tinggi dibandingkan kontrol. Stres kronis dapat memicu gangguan stress response system tubuh yang menyebabkan munculnya gejala FM. Pada umumnya, pasien mengalami gangguan pada 2 komponen utama stress response system, yaitu aksis hipotalamus–pituitari–adrenal (HPA) dan sistem saraf autonom. Pasien fibriomialgia rentan mengalami gangguan psikiatri sebagai salah satu penyakit komorbid, seperti depresi, ansietas, dan somatisasi. Komorbiditas ini diduga turut memberikan kontribusi terhadap munculnya gejala fibriomialgia dan persistensi gejala.

Gejala utama pada penyakit ini adalah  rasa sakit yang menyebar ke seluruh tubuh, misalnya sensasi terbakar atau seperti ditusuk-tusuk. Gejala ini akan berlangsung secara terus-menerus dengan tingkat keparahan yang mungkin berubah-ubah. Terkadang rasa sakit tersebut juga bisa disertai dengan  gejala-gejala lain yang meliputi tubuh sangat sensitif terhadap rasa sakit, otot-otot yang kaku, sulit tidur dan kelelahan, sakit kepala, gangguan kognitif, depresi, kecemasan., kram  perut dan sindrom  iritasi usus. Keparahan gejala fibromyalgia umumnya berbeda-beda pada tiap pasien. Perbedaan ini bisa dipicu oleh tingkat stres yang dialami oleh pasien, banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh pasien, serta perubahan cuaca.akupunktur for nyeri punggung.jpgTrus hal menariknya dalam coretan  ini adalah  bagaimana peran akupunktur dalam mengatasi keluhan seperti ini  ?

Pada pasien fibriomialgia terjadi penurunan kadar kortisol, serotonin, dan norepinefrin. Padahal serotonin dan norepinefrin berperan dalam inhibisi desenden pada kornu dorsale medula spinalis. Hormon kortisol adalah hormon yang dihasilkan kelenjar adrenal.  Kortisol membantu mengontrol metabolisme, mengatur tekanan darah dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh yang baik. Hormon serotinin adalah hormon yang berperan dalam pemberi perasaan nyaman dan senang. Sedangkan hormon norepinefrin disekresikan oleh kelenjar adrenal dan bekerja bersama epinefrin/ adrenalin untuk memberikan energi tubuh tiba-tiba pada saat stress. Untuk meningkatkan kadar hormon kortisol, serotonin dan norepinefrin selain bisa di dapatkan dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh seorang dokter. Disaat anda bosan dalam mengkonsumsi obat-obatan, ada banyak cara lain untuk mengurangi rasa nyeri pada fibriomialgia dan salah satunya adalah dengan cara melakukan terapi akupunktur rutin pada ahli akupunktur yang professional. Penusukan jarum di titik tertentu telah dibuktikan dapat meningkatkan kadar beberapa hormon dan neurotransmitter dalam tubuh yang sifatnya menyeimbangkan metabolisme tubuh. @donabklakupunktur-untuk-fibriomialgia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s