Tag Archives: Akupunktur di Bengkulu

Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


obat hipertensi.jpg

Apakah diri anda mengalami tekanan darah tinggi ? Atau orang tua anda ? Atau salah satu orang yang anda sayangi ?. Jika benar anda mungkin harus membaca tulisan ini sampai akhir 🙂 . Sekarang ini tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja dan tak mengenal usia.

Perlu untuk diketahui menurut Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan tantangan besar bagi Indonesia dan paling sering ditemukan pada pelayanan primer kesehatan. Hal itu merupakan masalah kesehatan dengan pravelensi yang tinggi, yaitu sebesar 25,8% sesuai dengan data Riskesdas 2013.

Seseorang dikatakan mengalami tekanan darah tinggi jika hasil pengukuran darahnya lebih atau sama dengan 140/100 mmHg. Hipertensi merupakan silent killer dimana gejala dapat bervariasi pada masing-masing individu dan hampir sama dengan gejala penyakit lainnya. Gejala-gejalanya itu adalah sakit kepala/rasa berat di tengkuk, mumet (vertigo), jantung berdebar-debar, mudah Ieiah, penglihatan kabur, telinga berdenging (tinnitus), dan mimisan. Tapi tak sedikit pula yang tidak merasakan gejala-gejala tersebut. Menurut saya jenis hipertensi seperti inilah yang sangat membahayakan karena pasien tidak merasakan gejala-gejala dan membiarkan saja tanpa di antisipasi.

Sering kali saya temui pasien yang tiba-tiba stroke karena tekanan darah tinggi padahal sebelumnya pasien mengaku tidak pernah merasakan sakit. Kenapa demikian? karena peningkatan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu lama (persisten) dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal (gagal ginjal), jantung (penyakit jantung koroner) dan otak (menyebabkan stroke) bila tidak dideteksi secara dini dan mendapat pengobatan yang memadai.

Kebanyakan orang Indonesia tidak akan mau ke Puskesmas atau ke dokter jika tidak mengalami keluhan yang mengganggu. Sedangkan baiknya minimal 1 bulan sekali kita harus cek kesehatan ke Puskesmas atau ke tempat praktik dokter walau hanya sekedar mengukur tekanan darah dan berkonsultasi.

Baca lebih lanjut

Akupunktur Support program bayi tabung


Baby ACM lahir dari seorang wanita cerdas nan tangguh yang didampingi oleh seorang pria yang selalu ngedukung penuh untuk kehadiran buah hati tercinta. Program bayi tabung merupakan pilihan yang diambil sebagai bentuk ikhtiar demi kehadiran baby ACM.

Mama ACM mempunyai riwayat medis pengangkatan ovarium sebelah kanan saat usia muda (gadis). Setelah menikah mama ACM sempat mengalami 3 kali kehamilan dan 3 kali pun mengalami keguguran. Kejadian itu tidak membuat sang mama berputus asa dan melanjutkan ikhtiar. Bulan demi bulan tak kunjung adanya tanda-tanda kehamilan (lagi).   Dan sang mama didampingi suami memutuskan menemui dokter kandungan untuk mengecek seluruh kondisi reproduksinya. Setelah diperiksa lebih lanjut didapati bahwa terdapat sumbatan di ovarium kiri yang menyebabkan sulitnya ada pertemuan antara sel sperma dan sel telur.

Sang dokter memberikan 2 pilihan untuk mengatasi hal tersebut, pertama menghilangkan sumbatan yang ada dengan beberapa resiko yang akan terjadi dan kedua melakukan program bayi tabung.  Dengan penjelasan detail sang dokter sang mama memilih untuk menjalani program bayi tabung.

Beberapa persiapan untuk menjalani program bayi tabung pun telah dilakukan oleh sang mama. Banyak banget persiapan yang harus beliau siapkan salah satunya menjalani terapi akupunktur sebanyak 19 kali Akupunktur. Akupunktur yang diberikan diharapkan dapat memberikan kekuatan pada rahim untuk menjadi tempat ternyaman sang calon baby selama 9 bulan dan membantu proses pematangan sel telur.   Baca lebih lanjut

Ngobrolin lagu.. 


Nggak sengaja denger lagu ini saat lagi streaming di youtube. Karena memang di buat otomotis buat muterin lagu lagu selanjutnya. Lalu Om Youtube muterin salah satu lagu nya Kak Tulus dari album Monokrom. Awalnya gak tau judul lagunya apa.  Setiap diputerin lagunya kok ini lagu sedih banget yah tapi bikin nyaman di kuping dan teriris dihati haha nggak deng becanda, hatinya aku kuat dong😁😂💪 #akurapopo 😎😎. Karena kepo jadinya ngecek lah ke sumber suara dan tahu kalo ini lagu judulnya “Dibawah langit abu-abu”.. 

Mulai tuh cari lirik lagunya biar maksimal kan yah dengerinnya sambil ikutan nyanyi ngalor ngidul gak jelas mesti gak bakal dihapalin ini lagu. Karena emang gak pernah hapal lagu manapun kecuali lagunya Teh Melly G yang judulnya I Just Wanna Say I Love You itupun udah mati-matian bgt buat ngapalin liriknya😂..  . Nah karena udah suka jadinya download deh dan lagu ini dapet rating pertama di playlist minggu ini.. 😄😄 yeeeey prok prok prok 👏👏👏😅😅

Ini nih liriknya hasil copy website tetangga hehe 😁😆.. 

Tak mungkin secepat itu kau lupa
Air mata sedihmu kala itu
Mengungkapkan semua kekurangannya
Semua dariku yang tak dia punya

(ini temen curhat yang ngarep dan baper banget. Sedihnya yang curhat cuma nganggep temen curhat dan nggak lebih😁😁)

Daya pikat yang memang engkau punya
Sungguh-sungguh ingin aku lindungi
Dan setelah luka-lukamu reda
Kau lupa aku juga punya rasa

(karena udah terlanjur baper jadinya mulai perhatian nih dan pengen jadi jagoan untuk ngelindungi. Yah maklum kalo ada perasaan pasti pengen tampak lebih OK tapi sayangnya yg curhat dah gak butuh tempat curhat lagi huhu )  

Lalu kau pergi kembali dengannya
Aku pernah menyentuhmu apa kau malu
(Karena yang curhat udah balikan lagi haha.  Sadiiis ini kayak lagunya Om Afgan yak.  Wkwk sedih sedih 😂😂)
Di bawah basah langit abu-abu, kau dimana?
Di lengangnya malam menuju minggu, kau dimana?
(Karena udah terlanjur baper jadinya selalu galau dan selalu ingin tau si doi lagi ngapain.  Padahal si doi lagi malam mingguan hahaha.  Sekali lagi ini posisi yg sangat menyedihkan..  😂😂)
Kadang dering masih ada namamu
Beberapa pesan singkat untukku
Entah apa maksudmu yang ku tahu
Sayangimu aku telah keliru
(Mulai pinter dan mulai nyadar kalo cuma dianggap temen dan menyesal karena pernah sayang wkwk . Tapi harusmya kalo sayang yah harus berjuang dong yah apapun itu sebelum janur kuning didepan rumah si doi, dia tetap available untuk dipengaruhi hatinya haha 😄😄😄)  
Ayo tulis di buku harianmu
Kelak jelaskan bila engkau punya waktu
Di bawah basah langit abu-abu, kau dimana?
Di lengangnya malam menuju minggu, kau dimana?
Bertemukah kau dengan sang buas
Benar senangkah rasa hatimu?
Bertemukah kau dengan sang buas
Benar senangkah rasa hatimu ?

(ini salah satu pertanyaan yang intinya nunjukin kalo belom ikhlas si doi balikan huhu) 😁😁😁

Yah itulah lirik lagunya Tulus-Dibawah Langit Abu-abu yang over all menceritakan tentang kesedihan seorang tempat curhat yang keburu baper tapi perasaannya bagaikan air susu dibalas dengan air tuba huhu sedih. Tapi yah harusnya kalo emang suka yah tetep berjuang dong jangan langsung nyesel gitu kan keliatan banget masih anak-anak.  Kalo emang kece gak usah diajak pacaran langsung ajak nikah aja biar gak dihempas sewaktu-waktu.  😂😂😂

Eeiiiits bukan pengalaman pribadi yah, cuma seneng aja denger lagunya.. 😝😗😗 . Dan jarang juga sih gak suka lagu-lagunya Kak Tulus.. Selalu suka dan gak pernah bosen denger.  😊😊

Titik Baihui


titik-baihui-akupuntur

Titik Baihui (GV-20) yang berarti titik ratusan pertemuan. Titik Baihui merupakan salah satu titik yang terletak pada meridian Governing Vessel yang biasa disingkat dengan (GV atau DU). Meridian GV berawal dari perut bagian bawah berjalan ke bawah sampai daerah perineum, kemudian keatas mengikuti hingga belakang terus ke puncak kepala melewati dahi dan turun ke pertengahan bibir. Fungsi uatama meridian ini untuk mengatur Yang Qi tubuh dan melindungi Yuan Qi (Qi sejati).

titik-baihui

Titik Baihui terletak 7 cun dari batas rambut posterior  atau 5 cun dari batas rambut anterior atau 1,5 cun kranial titik Houding (GV-19). Titik pertemuan antara garis sagitalis medialis dengan garis yang menghubungkan kedua ujung kranial daun telinga. Penusukan dilakukan miring sedalam 0,3-0,5 cun.

Titik ini juga merupakan titik pertemuan meridian bladder, gallbladder, sanjiao dan liver. Titik ini juga merupakan titik lautan sumsum.

titik-akupunktur-baihui

Beberapa fungsi dari titik ini adalah:

  1. Pacifies wind and subdues yang
  2. Meningkatkan Yang dan mencegah terjadinya prolaps organ
  3. Mengatasi masalah kepala dan indra perasa
  4. Memelihara lautan sumsum
  5. Menstimulasi perkembangan otk
  6. menengkan jiwa

Indikasi dari titik Baihui dapat mengatasi keluhan sakit kepala, pusing, vertigo, tinitus, obstruksi hidung, aphasia, koma, gangguan jiwa, prolaps rectum (ambeien), prolapse uterus, hipertensi, hipotensi, memori lemah, mania dan depresi.

Beberapa kombinasi titik Baihui dengan titik Akupunktur yang lain untuk berbagai keluhan:

  1. Tinnitus: Baihui DU-20, Tinggong SI-19, Tinghui
    GB-2, Ermen SJ-21, Luoque BL-8, Yangxi L.I.-5,
    Qiangu SI-2, Houxi SI-3, Wangu SI-4, Zhongzhu SJ-3,
    Yemen SJ-2, Shangyang L.I.-1 and Shenshu BL-23
    (Great Compendium).
  2. Prolabs rectum atau hemoroid: Baihui
    DU-20, Erbai (M-UE-29), Zhishi BL-52 and Changqiang
    DU-1 (The Great Compendium of Acupuncture
    and Moxibustion).
  3. NHidung Tersumbat: Baihui DU-20, Yuzhen BL-9, Toulinqi
    GB-15, Shangxing DU-23 and Danyang (Extra)47
    (Supplementing Life).
  4. Nyeri kepala dan mata: Baihui DU-20, Tongli HE-5
    and Houding DU-19 (Supplementing Life).
  5. Somnolence (Ngantuk) : Baihui DU-20 and Xinhui DU-22 (Supplementing
    Life).

Semua kombinasi titk dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasien dan dari kaca mata setiap terapis.
Disaat para dokter meresep formula obat-obatan kita terapis meresep formula titik Akupunktur . 🙂
Titik ini selalu saya gunakan jika tubuh merasa kurang nyaman atau sedikit pusing tapi harus aktivitas. Seperti contohnya saat lagi kurang nyaman tubuh ada pasien dan saya biasanya tusuk titik ini diatas kepala dan melanjutkan terapi pasien seperti biasa. Karena titik ini berada diatas kepala jadi tidak terganggu walaupun bergerak, tidak sama halnya titik” yang berada pada kaki dan tangan yang jika ditusuk sulit untuk menggerakkan.

Perbedaan yang buat kita tampil menawan


“hahaha . Judul coretan kali ini apaan banget deh, mohon untuk diabaikan 😀 kita fokus pada inti coretan ..”
Manfaat Akupunktur (8)

Selama praktek akupunktur mandiri nggak sedikit pasien yang sudah pernah menjalani akupunktur di klinik lain dan melanjutkan terapi akupunktur bersama saya. Ada beberapa orang pasien yang kritis dengan bertanya banyak tentang beberapa hal yang menurut saya ini perlu untuk dijelaskan kepada masyarakat awam. Berikut pertanyaan yang sering dilontarkan para pasien:

  1. Dulu sama dokter yang itu saya ditusuk bagian ini kok sama mba saya ditusuk bagian itu ?
  2. Dulu saya nggak pake setruman(read: ES_stimulasi elektrostimulator) kenapa sekarang pakai setruman ?
  3. Dulu setruman nya nggak kayak gini kok sekarang gini (read: pemilihan jenis gelombang ES ) ?
  4. Dulu saya sama dokternya di bekam dulu kok sama mba nggak dibekam?
  5. Dulu saya ditusuknya kok sakit banget yah kok sama mba gak ada rasa, apa saya udah mati rasa ? (wah pasien ini sudah terkesima sama saya sepertinya hahaha_becanda deng :D)
  6. Dulu saya sama dokternya dibekam sampe keluar banyak darah kok ini gak dikeluarin darahnya ?
  7. Dulu saya pernah bekam di kepala sampe dibotakin kok ini cuma di bagian punggung saja ?
  8. Dulu saya ditusuk 12 jarum kok sama mba Cuma 8 jarum ?(penghematan jarum sih sebenernya wkkwkwk becanda deng 😀 )
  9. Dulu saya ditusuk pake jarum yang panjang kok sekarang sama jarum yang pendek ?
  10. Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyan perbandingan lainnya.
  11. Ini pasien kritis yang buat saya harus belajar lagi lebih banyak. Terima kasih telah menjadi pasien yang cerdas 🙂

Baca lebih lanjut

Catatan Seorang Terapis Akupunktur


Sejauh ku jelajahi dunia..
Menatap, mendengar dan merasakan getirnya kehidupan.
Tak kan terlepas aku dari sebuah masa lalu yang sangat berpengaruh pada apa yg ku rasakan saat ini.
Cerita ku saat ini adalah cerminan cerita yang telah mereka goreskan saat dulu.
Baik buruknya aku saat ini tergantung pada baik buruknya mereka dimasa lalu.
Darah yang mengalir dalam nadi ini mencerminkan 2 kepribadian yang menjadi satu dalam jiwa dan ragaku. Keberanian, kasih sayang, dan perhatian yang mereka tunjukan terekam jelas pada setiap inci tubuh ini.
Kemanapun dan dimanapun ku melangkah cerita mereka selalu ikut, seakan menjadi sandaran disaat lelah dan sebagai penyemangat disaat jenuh.
Mereka adalah Ayah dan Umi..

image

Ya Rabbi,, ternyata dunia ini sempit banget yah. Tau gak sih udah kurang lebih 1,5 tahun  saya buka praktek dan bisadibilang 88% pasien itu orang-orang yang memang dulunya udah punya cerita (kenal) sama Ayah Umi. Kalo bukan temennya Umi yg udah lama gak ketemu yah temen Ayah yg udah lama gak ketemu. Ini satu kisah dari sekian kisah

Baca lebih lanjut

“Morfin” yg Baik Untuk Orang Tua


Dari data kunjungan tempat praktek mandiri Keluarga Sehat Akupunktur selama kurang lebih 1,5 tahun didapati 55% pasien yang datang rata” berusia 55-70 tahun dengan berbagai macam keluhan. Menurut Setiati (2013) Jumlah penduduk usia lanjut di Indonesia mencapai peringkat lima besar terbanyak di dunia, yakni 18,1 juta pada tahun 2010 dan akan meningkat dua kali lipat menjadi 36 juta pada tahun 2025.
Kamus kesehatan menerangkan bahwa geriatri adalah cabang kedokteran yang berkenaan dengan diagnosa dan pengobatan atau kadang-kadang hanya pengelolaan dari kondisi dan gangguan yang terjadi pada usia tua. Istilah geriatri juga mengacu pada perawatan medis untuk orang tua pada umumnya.

image

Geriatri berbeda, namun terkait, dengan bidang lain yaitu gerontologi (yang melibatkan studi tentang perubahan yang terjadi dalam pikiran dan tubuh selama proses penuaan).Geriatri penting karena orang dewasa tua mungkin bereaksi terhadap penyakit dan kondisi secara berbeda dengan orang dewasa muda.
Dikutip dari artikel Pusat Geriatri Nasional menyebutkan bahwa pasien geriatri adalah orang tua berusia 60 tahun ke atas yang memiliki penyakit majemuk (multipatologi) akibat gangguan fungsi jasmani dan rohani, dan atau kondisi sosial yang bermasalah.
Baca lebih lanjut