Tag Archives: akupunktur kesehatan

Keluarga Sehat Akupunktur


Bagi yang lagi sakit dan udah bosan konsumsi obat-obatan kimia karena banyak efek samping yang ditimbulkan. Ayoo sekarang beralih pada pengobatan kuno asal Cina yang sudah terbukti mampu mengurangi rasa nyeri, memperbaiki sirkulasi darah,  menenangkan dan memperbaiki fungsi organ tubuh. 😊😇

Akupunktur terbukti dapat mengurangi rasa sakit pada keluhan sakit kepala,  sakit lutut,  sakit pinggang,  sakit perut,  sakit leher,  sakit gigi, sakit perut karena menstruasi, gangguan sulit tidur dan gangguan kesehatan lainnya. Selain terbukti untuk menjaga kesehatan akupunktur juga mampu untuk menghentikan tumbuhnya jerawat,  memperlambat proses penuaan dan menjaga bentuk badan ideal.  😊😉

Oleh karena itu untuk membantu proses penyembuhan yang diderita Keluarga Sehat Akupunktur siap melayani jasa:

  1. Akupunktur Kesehatan
  2. Akupunktur+Akupressure
  3. Akupunktur+ Refleksi
  4. Akupunktur+Bekam
  5. Akupunktur Kecantikan
  6. Akupunktur+Facial
  7. Akupunktur+ Totok Wajah
  8. ‎Bekam Angin+Akupressure
  9. Bekam Angin+ Refleksi
  10. Bekam Basah+ Akupressure 
  11. Bekam Basah + Refleksi 
  12. ‎Facial 
  13. Totok Wajah
  14. Akupressure
  15. Refleksi
  16. Bekam

Jadwal pelayanan 

Hari: Senin-Sabtu

Jam : 08:00-20:00 WIB
Terapis Akupunktur:

  1. Dona Aulia A. Md.,  Akp
  2. Abdillah Muklis A. Md., Akp 
  3. Rifki Ahmad A. Md.,  Akp

Yang merupakan lulusan D-III Akupunktur Poltekkes Kemenkes Surakarta. Inshaa Allah sudah memiliki izin praktik dan sudah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi)  dari MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia).  
Keluarga Sehat Akupunktur juga menerima jasa visit seputaran daerah Kepahiang-Curup-Bengkulu. (syarat dan ketentuan berlaku). Info lebih lanjut boleh hubungi Wa di 085377917753.

Terima kasih. 😊

Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


obat hipertensi.jpg

Apakah diri anda mengalami tekanan darah tinggi ? Atau orang tua anda ? Atau salah satu orang yang anda sayangi ?. Jika benar anda mungkin harus membaca tulisan ini sampai akhir 🙂 . Sekarang ini tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja dan tak mengenal usia.

Perlu untuk diketahui menurut Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan tantangan besar bagi Indonesia dan paling sering ditemukan pada pelayanan primer kesehatan. Hal itu merupakan masalah kesehatan dengan pravelensi yang tinggi, yaitu sebesar 25,8% sesuai dengan data Riskesdas 2013.

Seseorang dikatakan mengalami tekanan darah tinggi jika hasil pengukuran darahnya lebih atau sama dengan 140/100 mmHg. Hipertensi merupakan silent killer dimana gejala dapat bervariasi pada masing-masing individu dan hampir sama dengan gejala penyakit lainnya. Gejala-gejalanya itu adalah sakit kepala/rasa berat di tengkuk, mumet (vertigo), jantung berdebar-debar, mudah Ieiah, penglihatan kabur, telinga berdenging (tinnitus), dan mimisan. Tapi tak sedikit pula yang tidak merasakan gejala-gejala tersebut. Menurut saya jenis hipertensi seperti inilah yang sangat membahayakan karena pasien tidak merasakan gejala-gejala dan membiarkan saja tanpa di antisipasi.

Sering kali saya temui pasien yang tiba-tiba stroke karena tekanan darah tinggi padahal sebelumnya pasien mengaku tidak pernah merasakan sakit. Kenapa demikian? karena peningkatan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu lama (persisten) dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal (gagal ginjal), jantung (penyakit jantung koroner) dan otak (menyebabkan stroke) bila tidak dideteksi secara dini dan mendapat pengobatan yang memadai.

Kebanyakan orang Indonesia tidak akan mau ke Puskesmas atau ke dokter jika tidak mengalami keluhan yang mengganggu. Sedangkan baiknya minimal 1 bulan sekali kita harus cek kesehatan ke Puskesmas atau ke tempat praktik dokter walau hanya sekedar mengukur tekanan darah dan berkonsultasi.

Baca lebih lanjut

Jarum Akupunktur


Setiap pasien yang kritis selalu bertanya tentang bagaimana penggunaan jarum saat terapi. Jarum apa yang digunakan ? Apa jarum pentul yang biasa buat kerudung ?Atau ada jarum khusus ? Apakah menggunakan jarum yang sudah dipakai ? Apa jarumnya sama kayak jarum suntik ? Apakah didalam jarumnya ada obat ?
Pasien yang kritis termasuk pasien yang kepo dan saya suka sama orang-orang kepo. hehe 😀 😀
Apalagi kalo buat orang lain kepo dan penasaran wkwkw 😀

Oke baiklah saya bahas disini tentang jarum akupunktur yang digunakan. Sejauh ini praktek akupunktur yang professional menggunakan jarum khusus untuk terapi akupunktur. Jarum ada yang terbuat dari stainless steel, ada juga yang terbuat dari emas dan perak tapi jarum yang pada umumnya digunakan adalah jarum stainless steel. Yang emas sama perak mahal boooook karena pada zaman dahulu kala yang make jarum emas atau perak cuma keluarga kerajaan hihi :D.

Alhamdulillah di tempat saya praktek di Keluarga Sehat Akupunktur jarum dipaki untuk satu kali (single use). Jadi setiap kali tindakan selalu menggunakan jarum-jarum yang baru dan inshaaAllah terhindar dari penularan penyakit dari setiap penyakit. Jarum akupunktur juga nggak sama kayak jarum suntik perbandingan diameternya bisa 1 banding 10 jarum akupunktur.

Itu kenapa penusukan jarum akupunktur pada beberapa titik tertentu tidak begitu sakit dan tidak mengeluarkan darah kecuali rasa sensasi ‘Deqi’ yang memberikan rasa pegal, ngilu, linu, kesetrum dan berat. Oh iya, didalam jarum akupunktur tidak ada obatnya yah karena memang akupunktur itu pengobatan tanpa menggunakan obat-obatan. Tujuan dari penusukan jarum akupunktur adalah untuk mengatur Qi meridian, sehingga dapat memulihkan keseimbangan Yin dan Yang di dalam tubuh dan menghilangkan penyebab penyakit. :).

Jika ada yang perlu ditanyakan langsung koment dibawah atau hubungi admin lewat beberapa kontak yang telah disediakan. 🙂
Sehat selalu yah .. 🙂

“Apa itu Qi . ?”


Mereka selalu berteriak ” teori itu nggak seperti praktek dan sangat sangat berbeda, jangan kaget kalo udah praktek nanti” . ! . Okeee, dari kata-kata itu sungguh saya tidak membenarkan dan saya juga tidak menyalahkan statement berikut. Karena bagaimanapun keadaannya semua orang pasti sepakat jika saat melakukan praktek akan selalu didasari oleh sebuah teori :). Tapi nggak sedikit juga kondisi atau keadaan yang dialami pasien  yang kita jumpai saat praktek, nggak bisa kita korelasikan dengan teori yang ada di dalam buku. Hemmh, apalagi jika sudah berhubungan dengan pasien, terkadang pasien punya teori sendiri dalam menjelaskan perkembangan penyakitnya, ada juga pasien yang selalu membandingkan kita dengan yang lain (Sungguh itu sangat menyakitkan, tolong jangan bandingkan aku dengan yang lainnya 😦 huaaaaa) . Maaf sedikit lebay untuk bagian yang ini . Hahaha 😀 😀 Nb: jangan terlalu serius saat membaca 😀 🙂 .Tulisan ini akan menjadi bagian dari curhatan saya, jika anda berkenan membaca, bacalah hingga akhir tulisan ini jika nanti ada ilmu yang didapat saya sangat senang sekali dan semoga sangat bermanfaat buat anda yang membaca . 🙂

Sumber: Google search . Lupa link nya . :(

Sumber: Google search . Lupa link nya . 😦

Jika kamu merupakan bagian dari tenaga kesehatan pasti anda sangat nggak asing dengan yang namanya ‘Pasien’. Yupp, bagi saya Pasien adalah salah satu makhluk kepo yang pernah saya temui disepanjang perjalanan hidup saya (hahaha lebay :D) tapi mereka berhak untuk kepo dan saya sangat suka dengan pasien yang kepo. 🙂 Kenapa demikian? karena secara tidak langsung mereka mencambuk saya untuk belajar dan mencari tahu lebih banyak lagi. 🙂 . Jika mereka tidak bertanya mungkin saya tidak perlu lagi membuka catatan waktu kuliah, mengartikan jurnal penelitian atau membaca buku . Tapi karena pertanyaan dari mereka membuat saya harus dan wajib membaca dan memahami teori-teori saat dibangku kuliah. Baca lebih lanjut

Akupunktur Untuk Hemoroid


Assalammualaikum . 🙂
Helooooo (hai) 😀 . Mungkin ini kali pertama Dona nulis lagi sebuah tulisan sederhana seputar manfaat ilmu akupunktur di blog sederhana ini, karena memang beberapa minggu terakhir ini Dona sedikit disibukkan dengan beberapa aktivitas dan tanggung jawab yang harus dijalanin. Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat untuk orang-orang yang selalu berusaha untuk sembuh dan selalu berusaha untuk sehat karena “Allah SWT tidak menciptakan satu pun penyakit tanpa ada obatnya” . InsyaAllah pasti ada jalan karena Allah Maha Penyayang lagi Maha Penyembuh . 🙂
tumblr_mfok27DYpI1s0g2mgo1_500

Yupp, beberapa minggu yang lalu saya kedatangan seorang pasien (41 th) yang niat awalnya cuma ingin konsultasi masalah keluhan yang saat ini dideritanya . Ia mengeluhkan adanya darah segar yang selalu keluar dari dalam anus/dubur saat buang air besar dan adanya penonjolan disekitar anus/dubur . Pasien divonis dokter menderita hemoroid sejak 10 tahun yang lalu . Setelah anamnesa lebih lanjut, saya menyarankan dilakukan terapi akupunktur untuk mengurangi keluhan yang dirasakan dan tanpa berpikir lama pasien mengiyakan dan ingin segera dilakukan terapi akupunktur.

Menurut Mustofa (2013) Hemoroid bisa terjadi pada semua umur. Hemoroid biasa menyerang pada usia 20-50 tahun baik pada laki-laki maupun perempuan tetapi paling banyak terjadi pada umur 45-65 tahun. Penyakit hemoroid jarang terjadi pada usia di bawah 20 tahun. Prevalensi meningkat pada ras Kaukasian dan individu dengan status ekonomi tinggi. Angka prevalensi hemoroid di akhir pertengahan abad ke-20 dilaporkan menurun. Sepuluh juta orang di Indonesia menderita hemoroid, dengan prevalensi lebih dari 4%. Laki-laki dan perempuan mempunyai resiko yang sama. Resiko hemoroid meningkat seiring bertambahnya usia. Penelitian dari ruang endoskopi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta pada tahun 1998 -2005 menemukan sekitar 9% pasien dengan keluhan sembelit ternyata menderita kanker usus besar dan sekitar 39,6 % penderita sembelit mengalami hemoroid.

<a Baca lebih lanjut