Tag Archives: Akupunktur

Alat Bantu Penderita Stroke


Kebanyakan penderita dengan pasca stroke harus menjalani hidup dengan beberapa gejala sisa yang sulit dihilangkan. Gejala sisa seperti ketidakmampuan untuk berbicara  dan memfungsikan alat gerak tubuh dengan normal. 

Kaki yang terasa lemah,  berat, kesemutan dan jari-jari yang sulit untuk diatur geraknya membuat penderita stroke tidak dapat berjalan dengan baik.  Kaki yang lemah terkadang membuat penderita gampang terjatuh dan secara tidak langsung mempengaruhi rasa ketidakpercayaan diri penderita untuk belajar berjalan dengan mandiri lagi.

Salah seorang Orthosis lulusan terbaik D-4 Ortotik Prostetik Poltekkes Kemenkes Surakarta merancang satu alat bantu yang disebut sebagai Tarsal Ekstensor Belt (T. E. B) yang membantu penderita stroke untuk mengatasi beberapa keluhan diatas. 

Tarsal Ekstenspr Belt (T. E. B)  mampu mengatasi keluhan:

  1. Jari kaki mencengkram pada stroke (claw toes).
  2. Mencegah kaki tersandung pada kasus layuh kaki lainnya. 
  3. Drop foot pada stroke (kaki lemah).

Komponen penyusun Tarsal Ekstensor Belt Dilengkapi dengan elastic band yang nyaman di jari kaki yang tidak membuat nyaman dan pengaturan velcro yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Untuk pemesanan bisa hubungi saya dan nanti bisa saya hubungkan langsung dengan Ortosisnya (yang buat) .  😊😊

Iklan

Belajar Dari Sebuah Drama..


Disaat ribet ngartiin dan memahami hasil jurnal penelitian para peneliti  dunia dalam bidang akupunktur dan kesehatan. Belum lagi ribet sama perasaan dan rindu ini, yawdahlah yah mending rebahan santai dan rileks dulu nonton drama Korea :D. Itung-itung belajar dari drama, selain hiburannya dapet, pelajarannya dapet dan yang pasti bapernya juga dapet. wkwkwk 😀 Drama Korea yang baru selesei ditonton kali ini adalah ‘Live Up To Your Name, Dr. Heo’.
Di coretan sebelumnya saya pernah ngereview salah satu drama Korea populer pada masanya yang terkenal dengan judul ‘Janggeum (A Jewel in the Palace)’ yang menceritakan seorang tabib akupunktur berbakat pada jaman Joseon . 🙂 😀
Saya sangat tertarik sama drama atau film yang bergenre medical,  apalagi medical romantic ❤ ❤ hehehe.. Yah seperti Doctors, DOTS, Janggeum, The great doctor, dan drama korea lainnya yang ngebahas tentang kehidupan pengobatan meski terkadang ceritanya fiktif. hih 😀
Kebanyakan nonton dramanya karena direkomandasiin temen atau pasien hihihi :D.
250px-Live_Up_to_Your_Name,_Dr._Heo

Beberapa hal yang bisa dipelajari dalam drama Korea ‘Live Up To Your Name, Dr. Heo’: Baca lebih lanjut

Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


obat hipertensi.jpg

Apakah diri anda mengalami tekanan darah tinggi ? Atau orang tua anda ? Atau salah satu orang yang anda sayangi ?. Jika benar anda mungkin harus membaca tulisan ini sampai akhir 🙂 . Sekarang ini tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja dan tak mengenal usia.

Perlu untuk diketahui menurut Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan tantangan besar bagi Indonesia dan paling sering ditemukan pada pelayanan primer kesehatan. Hal itu merupakan masalah kesehatan dengan pravelensi yang tinggi, yaitu sebesar 25,8% sesuai dengan data Riskesdas 2013.

Seseorang dikatakan mengalami tekanan darah tinggi jika hasil pengukuran darahnya lebih atau sama dengan 140/100 mmHg. Hipertensi merupakan silent killer dimana gejala dapat bervariasi pada masing-masing individu dan hampir sama dengan gejala penyakit lainnya. Gejala-gejalanya itu adalah sakit kepala/rasa berat di tengkuk, mumet (vertigo), jantung berdebar-debar, mudah Ieiah, penglihatan kabur, telinga berdenging (tinnitus), dan mimisan. Tapi tak sedikit pula yang tidak merasakan gejala-gejala tersebut. Menurut saya jenis hipertensi seperti inilah yang sangat membahayakan karena pasien tidak merasakan gejala-gejala dan membiarkan saja tanpa di antisipasi.

Sering kali saya temui pasien yang tiba-tiba stroke karena tekanan darah tinggi padahal sebelumnya pasien mengaku tidak pernah merasakan sakit. Kenapa demikian? karena peningkatan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu lama (persisten) dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal (gagal ginjal), jantung (penyakit jantung koroner) dan otak (menyebabkan stroke) bila tidak dideteksi secara dini dan mendapat pengobatan yang memadai.

Kebanyakan orang Indonesia tidak akan mau ke Puskesmas atau ke dokter jika tidak mengalami keluhan yang mengganggu. Sedangkan baiknya minimal 1 bulan sekali kita harus cek kesehatan ke Puskesmas atau ke tempat praktik dokter walau hanya sekedar mengukur tekanan darah dan berkonsultasi.

Baca lebih lanjut

Jarum Akupunktur


Setiap pasien yang kritis selalu bertanya tentang bagaimana penggunaan jarum saat terapi. Jarum apa yang digunakan ? Apa jarum pentul yang biasa buat kerudung ?Atau ada jarum khusus ? Apakah menggunakan jarum yang sudah dipakai ? Apa jarumnya sama kayak jarum suntik ? Apakah didalam jarumnya ada obat ?
Pasien yang kritis termasuk pasien yang kepo dan saya suka sama orang-orang kepo. hehe 😀 😀
Apalagi kalo buat orang lain kepo dan penasaran wkwkw 😀

Oke baiklah saya bahas disini tentang jarum akupunktur yang digunakan. Sejauh ini praktek akupunktur yang professional menggunakan jarum khusus untuk terapi akupunktur. Jarum ada yang terbuat dari stainless steel, ada juga yang terbuat dari emas dan perak tapi jarum yang pada umumnya digunakan adalah jarum stainless steel. Yang emas sama perak mahal boooook karena pada zaman dahulu kala yang make jarum emas atau perak cuma keluarga kerajaan hihi :D.

Alhamdulillah di tempat saya praktek di Keluarga Sehat Akupunktur jarum dipaki untuk satu kali (single use). Jadi setiap kali tindakan selalu menggunakan jarum-jarum yang baru dan inshaaAllah terhindar dari penularan penyakit dari setiap penyakit. Jarum akupunktur juga nggak sama kayak jarum suntik perbandingan diameternya bisa 1 banding 10 jarum akupunktur.

Itu kenapa penusukan jarum akupunktur pada beberapa titik tertentu tidak begitu sakit dan tidak mengeluarkan darah kecuali rasa sensasi ‘Deqi’ yang memberikan rasa pegal, ngilu, linu, kesetrum dan berat. Oh iya, didalam jarum akupunktur tidak ada obatnya yah karena memang akupunktur itu pengobatan tanpa menggunakan obat-obatan. Tujuan dari penusukan jarum akupunktur adalah untuk mengatur Qi meridian, sehingga dapat memulihkan keseimbangan Yin dan Yang di dalam tubuh dan menghilangkan penyebab penyakit. :).

Jika ada yang perlu ditanyakan langsung koment dibawah atau hubungi admin lewat beberapa kontak yang telah disediakan. 🙂
Sehat selalu yah .. 🙂

Akupunktur Support program bayi tabung


Baby ACM lahir dari seorang wanita cerdas nan tangguh yang didampingi oleh seorang pria yang selalu ngedukung penuh untuk kehadiran buah hati tercinta. Program bayi tabung merupakan pilihan yang diambil sebagai bentuk ikhtiar demi kehadiran baby ACM.

Mama ACM mempunyai riwayat medis pengangkatan ovarium sebelah kanan saat usia muda (gadis). Setelah menikah mama ACM sempat mengalami 3 kali kehamilan dan 3 kali pun mengalami keguguran. Kejadian itu tidak membuat sang mama berputus asa dan melanjutkan ikhtiar. Bulan demi bulan tak kunjung adanya tanda-tanda kehamilan (lagi).   Dan sang mama didampingi suami memutuskan menemui dokter kandungan untuk mengecek seluruh kondisi reproduksinya. Setelah diperiksa lebih lanjut didapati bahwa terdapat sumbatan di ovarium kiri yang menyebabkan sulitnya ada pertemuan antara sel sperma dan sel telur.

Sang dokter memberikan 2 pilihan untuk mengatasi hal tersebut, pertama menghilangkan sumbatan yang ada dengan beberapa resiko yang akan terjadi dan kedua melakukan program bayi tabung.  Dengan penjelasan detail sang dokter sang mama memilih untuk menjalani program bayi tabung.

Beberapa persiapan untuk menjalani program bayi tabung pun telah dilakukan oleh sang mama. Banyak banget persiapan yang harus beliau siapkan salah satunya menjalani terapi akupunktur sebanyak 19 kali Akupunktur. Akupunktur yang diberikan diharapkan dapat memberikan kekuatan pada rahim untuk menjadi tempat ternyaman sang calon baby selama 9 bulan dan membantu proses pematangan sel telur.   Baca lebih lanjut

Ngobrolin lagu.. 


Nggak sengaja denger lagu ini saat lagi streaming di youtube. Karena memang di buat otomotis buat muterin lagu lagu selanjutnya. Lalu Om Youtube muterin salah satu lagu nya Kak Tulus dari album Monokrom. Awalnya gak tau judul lagunya apa.  Setiap diputerin lagunya kok ini lagu sedih banget yah tapi bikin nyaman di kuping dan teriris dihati haha nggak deng becanda, hatinya aku kuat dong😁😂💪 #akurapopo 😎😎. Karena kepo jadinya ngecek lah ke sumber suara dan tahu kalo ini lagu judulnya “Dibawah langit abu-abu”.. 

Mulai tuh cari lirik lagunya biar maksimal kan yah dengerinnya sambil ikutan nyanyi ngalor ngidul gak jelas mesti gak bakal dihapalin ini lagu. Karena emang gak pernah hapal lagu manapun kecuali lagunya Teh Melly G yang judulnya I Just Wanna Say I Love You itupun udah mati-matian bgt buat ngapalin liriknya😂..  . Nah karena udah suka jadinya download deh dan lagu ini dapet rating pertama di playlist minggu ini.. 😄😄 yeeeey prok prok prok 👏👏👏😅😅

Ini nih liriknya hasil copy website tetangga hehe 😁😆.. 

Tak mungkin secepat itu kau lupa
Air mata sedihmu kala itu
Mengungkapkan semua kekurangannya
Semua dariku yang tak dia punya

(ini temen curhat yang ngarep dan baper banget. Sedihnya yang curhat cuma nganggep temen curhat dan nggak lebih😁😁)

Daya pikat yang memang engkau punya
Sungguh-sungguh ingin aku lindungi
Dan setelah luka-lukamu reda
Kau lupa aku juga punya rasa

(karena udah terlanjur baper jadinya mulai perhatian nih dan pengen jadi jagoan untuk ngelindungi. Yah maklum kalo ada perasaan pasti pengen tampak lebih OK tapi sayangnya yg curhat dah gak butuh tempat curhat lagi huhu )  

Lalu kau pergi kembali dengannya
Aku pernah menyentuhmu apa kau malu
(Karena yang curhat udah balikan lagi haha.  Sadiiis ini kayak lagunya Om Afgan yak.  Wkwk sedih sedih 😂😂)
Di bawah basah langit abu-abu, kau dimana?
Di lengangnya malam menuju minggu, kau dimana?
(Karena udah terlanjur baper jadinya selalu galau dan selalu ingin tau si doi lagi ngapain.  Padahal si doi lagi malam mingguan hahaha.  Sekali lagi ini posisi yg sangat menyedihkan..  😂😂)
Kadang dering masih ada namamu
Beberapa pesan singkat untukku
Entah apa maksudmu yang ku tahu
Sayangimu aku telah keliru
(Mulai pinter dan mulai nyadar kalo cuma dianggap temen dan menyesal karena pernah sayang wkwk . Tapi harusmya kalo sayang yah harus berjuang dong yah apapun itu sebelum janur kuning didepan rumah si doi, dia tetap available untuk dipengaruhi hatinya haha 😄😄😄)  
Ayo tulis di buku harianmu
Kelak jelaskan bila engkau punya waktu
Di bawah basah langit abu-abu, kau dimana?
Di lengangnya malam menuju minggu, kau dimana?
Bertemukah kau dengan sang buas
Benar senangkah rasa hatimu?
Bertemukah kau dengan sang buas
Benar senangkah rasa hatimu ?

(ini salah satu pertanyaan yang intinya nunjukin kalo belom ikhlas si doi balikan huhu) 😁😁😁

Yah itulah lirik lagunya Tulus-Dibawah Langit Abu-abu yang over all menceritakan tentang kesedihan seorang tempat curhat yang keburu baper tapi perasaannya bagaikan air susu dibalas dengan air tuba huhu sedih. Tapi yah harusnya kalo emang suka yah tetep berjuang dong jangan langsung nyesel gitu kan keliatan banget masih anak-anak.  Kalo emang kece gak usah diajak pacaran langsung ajak nikah aja biar gak dihempas sewaktu-waktu.  😂😂😂

Eeiiiits bukan pengalaman pribadi yah, cuma seneng aja denger lagunya.. 😝😗😗 . Dan jarang juga sih gak suka lagu-lagunya Kak Tulus.. Selalu suka dan gak pernah bosen denger.  😊😊

Tips Menyikapi Muka Jerawatan


Tadi pagi sambil tiduran manja diatas tempat tidur buka” instagram dan ngeliat postingan yg gambarnya ice cream magnum trus ada tulisannya “saat lu coba nutup jerawat pake bedak”.  Liat foto dibawah ini yaah. Hahaa 😁😁😂😂

Yang pasti ketawa geli, ada gitu yah berusaha nutupin jerawat malah jdi nggilani gitu ngeliatnya ..

Padahal kalo lagi jerawat meradang harus dihindari penggunaan foundation atau bedak padat berlebih..

Saya dulu juga pernah punya ladang jerawat yg tumbuh dan bersemi dengan subur diwajah ini ..

Dan rasanya emang kemana” mau nutupin muka biar gak kelihatan jerawatnya. Tapi saya gak nutupin pake bedak yg tebel tapi pake masker kesehatan itu loh yg warna ijo.

Sampe-sampe dulu kalo ditanyain kenapa pake masker saya jawabnya lagi flu batuk padahaaal mau nutupin jerawat wkwkw . 😂😂😂. Saya jerawatan mulai dari semester 3 kuliah sampe semester 5. Parah banget jerawatannya sampe salah satu dosen bilang kalo wajah saya udah gak ada tempat untuk jerawat tumbuh lagi. 😂😂sediih yah dibilangin gitu wkwk tapi itu motivasi untuk semangat berantas jerawat pemirsaaah .. Udaaah yah gak usah kepo masalah jerawat itu kenapa tumbuh diwajah saya ntar malah membuka luka yang lama kan gak asyiik . 😂😂

Di coretan kali ini saya mau berbagi nih gimana tips dan trik keluar dari zona yang sangat tidak meng-enakan itu.Ayo lanjutkan membaca dengan klik link disamping ini.  Baca lebih lanjut