Tag Archives: akupuntur

Keluarga Sehat Akupunktur


Baru nyadar kalo belum pernah ngulik secara gamblang tentang profil ‘Keluarga Sehat Akupunktur’ yang merupakan salah satu tempat saya ibadah (juga) sebagai hamba Allah. Keluarga sehat akupunktur merupakan nama yang saya berikan sebagai identitas tempat praktik mandiri saya sebagai terapis akupunktur.  
Sedikit bercerita tentang sejarah nama tersebut diambil karena memang awal pendirian tempat praktik ini sepenuhnya atas dukungan keluarga. Jika tanpa dorongan mereka mungkin detik ini saya masih menginjakkan kaki di tanah Jawa sebagai seorang terapis di klinik orang (lain). Tapi karena dukungan mereka dan ridho Allah saya bisa duduk manis di meja kerja saya saat ini sambil menulis dan membaca buku,  serta saya bisa merawat orang tua saya dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain disekitar saya.  

Tempat yang asri, sejuk dan sangat nyaman.

Ada pertanyaan dibenak beberapa teman-teman saya mengenai keberanian saya untuk buka praktik di desa terpencil ini. Kenapa mau buka praktik di kampung halaman?  Sedangkan masyarakat di kota saja banyak yang belum paham dengan akupunktur.  Susah lah ntar nya,, pasti gak bakal ada pasiennya.  Bakal nggak ada yang berani sama jarum akupunktur kata mereka demikian.  

Tampak dari depan. Tepat didepan jalan raya lintas Curup-Kepahiang posisi tempat praktik Akupunktur.

Terus saya jadi ingat kata-kata Pak Hanung dalam sebuah diskusi kelas waktu kuliah dulu, inshaa Allah mahasiswa Akupunktur Solo kenal baik sama beliau.  Beliau cuma mengungkapkan ‘Jangan takut praktik akupunktur dikampung, karena “dukun hebat” ditempat terpencil pun akan didatangi dan dicari oleh orang-orang’. Memang fakta dilapangannya demikian, dan kata-kata ini lah yang mendorong saya juga untuk tetap semangat dan semakin yakin mendirikan tempat praktik dan di kota kecil ini.  Pernah juga dengar celetukan seseorang saat saya jelaskan tentang akupunktu “aelah ada-ada aja udah kita sakit ditusuk lagi sama jarum yah tambah sakit dong”. Kata kata ini menjadikan tantangan dalam diri saya untuk mengemas terapi akupunktur semenarik mungkin agar tidak begitu menyeramkan bagi orang lain. Alhamdulillah dibantu dengan ilmu yang saya dapati dari Pak Hanung (lagi)  yaitu hipnoterapi.  😊😊

Tahun pertama dan kedua adalah tahun perjuangan untuk mengenalkan akupunktur kepada masyarakat. Benar-benar butuh ekstra sabar dan ekstra ikhlas menjalaninya,  jika bukan support dan doa orang-orang baik mungkin saya sudah menyerah.  Tapi  sampai detik ini pun tetap berjuang mengenalkan akupunktur kepada masyarakat luas. Alhamdulillah semuanya dipermudah dan dilancarkan oleh ridhonya Allah.

Akupunktur sehat

Visi Keluarga Sehat Akupunktur adalah menjadi wadah yang baik untuk dan siap menjadi perpanjangan tangan Allah untuk membantu sesama HambaNya.  Aamiin. Saya percaya pasien-pasien yang datang terapi pada saya merupakan orang-orang yang hatinya digerakan sama Allah.  Saya pun berdoa sama Allah kiranya diberikan bisikan dan digerakan hatinya untuk dapat melakukan tindakan yang baik dan tepat untuk para pasien.  Aamiin 

Aturan main terapi akupunktur 


Sudah sangat wajar jika menemui pasien yang ingin cepat sembuh. Tak ada seorangpun yang ingin menunda kesembuhan. Tapi saran saya cobalah untuk sabar dan ikhlas atas penyakit yg dititipkan Allah apalagi jika memilih terapi akupunktur sebagai terapi pengobatan dan penyembuhan.

Terapi akupunktur untuk kasus akut (penyakit yang baru) seperti sakit kaki atau tangan karena kecelakaan biasanya dalam 1-3 kali terapi sudah tampak perubahan membaik yang dirasakan. Tapi jika kasus kronis (penyakit yang lama) seperti stroke, sakit kepala, maag, reumatik dan kelainan bawaan lahir biasanya harus diterapi sampai 12 kali lebih terapi dengan frekuensi terapi seminggu 2-3 kali.

Berkonsultasilah dengan komunikasi yang sopan, jujur dan terbuka pada terapisnya (orang yang melakukan terapi akupunktur) supaya terapis memahami dengan baik penyakit yg tengah dirasakan. Jika tidak jujur dan terbuka terapis akan kesulitan dalam menentukan diagnosa dan sangat berpengaruh pada proses terapi selanjutnya.

Disaat sakit Allah menggugurkan dosa-dosa yang telah kita perbuat sebelumnya jika kita bisa sabar dan berfikir bahwa nikmat sehat selama ini yang Allah berikan secara gratis telah kita sia-siakan dengan tidak menjaga kesehatan dengan baik. Jika kita bisa menyadari kesalahan tersebut dan berfikir dengan baik, pasti kita akan memilih tekhnik pengobatan yang terbaik untuk diri kita. Dan sesuai janji Allah dia akan menambahkan nikmatnya pada tiap-tiap hamba yang bersyukur.

Untuk yang lagi sakit kepala, sakit gigi, sakit lutut dan lain lain bersyukurlah hanya sakit tersebut dan tak perlu harus opname di rumah sakit. Ditambah masih bisa aktivitas didalam rumah meski kurang nyaman. Tapi jika dibandingkan dengan mereka yang sakit ginjal, stroke, kanker dan sakit lainnya yang harus opname di rumah sakit bolak balik. Maka bersyukurlah dan minta ampun sama Allah biar diangkat rasa sakitnya.

Inshaa Allah akupunktur sangat terhindar dari efek samping seperti konsumsi obat-obatan yang menurunkan sistem kerja organ tubuh kita. Akupunktur hanya memanfaatkan hormon-hormon tubuh, peredaran darah, serta sinyal-sinyal syaraf pusat dan tepi untuk menyeimbangkan fungsi tubuh.

Keluarga Sehat Akupunktur


Bagi yang lagi sakit dan udah bosan konsumsi obat-obatan kimia karena banyak efek samping yang ditimbulkan. Ayoo sekarang beralih pada pengobatan kuno asal Cina yang sudah terbukti mampu mengurangi rasa nyeri, memperbaiki sirkulasi darah,  menenangkan dan memperbaiki fungsi organ tubuh. 😊😇

Akupunktur terbukti dapat mengurangi rasa sakit pada keluhan sakit kepala,  sakit lutut,  sakit pinggang,  sakit perut,  sakit leher,  sakit gigi, sakit perut karena menstruasi, gangguan sulit tidur dan gangguan kesehatan lainnya. Selain terbukti untuk menjaga kesehatan akupunktur juga mampu untuk menghentikan tumbuhnya jerawat,  memperlambat proses penuaan dan menjaga bentuk badan ideal.  😊😉

Oleh karena itu untuk membantu proses penyembuhan yang diderita Keluarga Sehat Akupunktur siap melayani jasa:

  1. Akupunktur Kesehatan
  2. Akupunktur+Akupressure
  3. Akupunktur+ Refleksi
  4. Akupunktur+Bekam
  5. Akupunktur Kecantikan
  6. Akupunktur+Facial
  7. Akupunktur+ Totok Wajah
  8. ‎Bekam Angin+Akupressure
  9. Bekam Angin+ Refleksi
  10. Bekam Basah+ Akupressure 
  11. Bekam Basah + Refleksi 
  12. ‎Facial 
  13. Totok Wajah
  14. Akupressure
  15. Refleksi
  16. Bekam

Jadwal pelayanan 

Hari: Senin-Sabtu

Jam : 08:00-20:00 WIB
Terapis Akupunktur:

  1. Dona Aulia A. Md.,  Akp
  2. Abdillah Muklis A. Md., Akp 
  3. Rifki Ahmad A. Md.,  Akp

Yang merupakan lulusan D-III Akupunktur Poltekkes Kemenkes Surakarta. Inshaa Allah sudah memiliki izin praktik dan sudah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi)  dari MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia).  
Keluarga Sehat Akupunktur juga menerima jasa visit seputaran daerah Kepahiang-Curup-Bengkulu. (syarat dan ketentuan berlaku). Info lebih lanjut boleh hubungi Wa di 085377917753.

Terima kasih. 😊

Alat Bantu Penderita Stroke


Kebanyakan penderita dengan pasca stroke harus menjalani hidup dengan beberapa gejala sisa yang sulit dihilangkan. Gejala sisa seperti ketidakmampuan untuk berbicara  dan memfungsikan alat gerak tubuh dengan normal. 

Kaki yang terasa lemah,  berat, kesemutan dan jari-jari yang sulit untuk diatur geraknya membuat penderita stroke tidak dapat berjalan dengan baik.  Kaki yang lemah terkadang membuat penderita gampang terjatuh dan secara tidak langsung mempengaruhi rasa ketidakpercayaan diri penderita untuk belajar berjalan dengan mandiri lagi.

Salah seorang Orthosis lulusan terbaik D-4 Ortotik Prostetik Poltekkes Kemenkes Surakarta merancang satu alat bantu yang disebut sebagai Tarsal Ekstensor Belt (T. E. B) yang membantu penderita stroke untuk mengatasi beberapa keluhan diatas. 

Tarsal Ekstenspr Belt (T. E. B)  mampu mengatasi keluhan:

  1. Jari kaki mencengkram pada stroke (claw toes).
  2. Mencegah kaki tersandung pada kasus layuh kaki lainnya. 
  3. Drop foot pada stroke (kaki lemah).

Komponen penyusun Tarsal Ekstensor Belt Dilengkapi dengan elastic band yang nyaman di jari kaki yang tidak membuat nyaman dan pengaturan velcro yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Untuk pemesanan bisa hubungi saya dan nanti bisa saya hubungkan langsung dengan Ortosisnya (yang buat) .  😊😊

Belajar Dari Sebuah Drama..


Disaat ribet ngartiin dan memahami hasil jurnal penelitian para peneliti  dunia dalam bidang akupunktur dan kesehatan. Belum lagi ribet sama perasaan dan rindu ini, yawdahlah yah mending rebahan santai dan rileks dulu nonton drama Korea :D. Itung-itung belajar dari drama, selain hiburannya dapet, pelajarannya dapet dan yang pasti bapernya juga dapet. wkwkwk 😀 Drama Korea yang baru selesei ditonton kali ini adalah ‘Live Up To Your Name, Dr. Heo’.
Di coretan sebelumnya saya pernah ngereview salah satu drama Korea populer pada masanya yang terkenal dengan judul ‘Janggeum (A Jewel in the Palace)’ yang menceritakan seorang tabib akupunktur berbakat pada jaman Joseon . 🙂 😀
Saya sangat tertarik sama drama atau film yang bergenre medical,  apalagi medical romantic ❤ ❤ hehehe.. Yah seperti Doctors, DOTS, Janggeum, The great doctor, dan drama korea lainnya yang ngebahas tentang kehidupan pengobatan meski terkadang ceritanya fiktif. hih 😀
Kebanyakan nonton dramanya karena direkomandasiin temen atau pasien hihihi :D.
250px-Live_Up_to_Your_Name,_Dr._Heo

Beberapa hal yang bisa dipelajari dalam drama Korea ‘Live Up To Your Name, Dr. Heo’: Baca lebih lanjut

Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


obat hipertensi.jpg

Apakah diri anda mengalami tekanan darah tinggi ? Atau orang tua anda ? Atau salah satu orang yang anda sayangi ?. Jika benar anda mungkin harus membaca tulisan ini sampai akhir 🙂 . Sekarang ini tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja dan tak mengenal usia.

Perlu untuk diketahui menurut Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan tantangan besar bagi Indonesia dan paling sering ditemukan pada pelayanan primer kesehatan. Hal itu merupakan masalah kesehatan dengan pravelensi yang tinggi, yaitu sebesar 25,8% sesuai dengan data Riskesdas 2013.

Seseorang dikatakan mengalami tekanan darah tinggi jika hasil pengukuran darahnya lebih atau sama dengan 140/100 mmHg. Hipertensi merupakan silent killer dimana gejala dapat bervariasi pada masing-masing individu dan hampir sama dengan gejala penyakit lainnya. Gejala-gejalanya itu adalah sakit kepala/rasa berat di tengkuk, mumet (vertigo), jantung berdebar-debar, mudah Ieiah, penglihatan kabur, telinga berdenging (tinnitus), dan mimisan. Tapi tak sedikit pula yang tidak merasakan gejala-gejala tersebut. Menurut saya jenis hipertensi seperti inilah yang sangat membahayakan karena pasien tidak merasakan gejala-gejala dan membiarkan saja tanpa di antisipasi.

Sering kali saya temui pasien yang tiba-tiba stroke karena tekanan darah tinggi padahal sebelumnya pasien mengaku tidak pernah merasakan sakit. Kenapa demikian? karena peningkatan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu lama (persisten) dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal (gagal ginjal), jantung (penyakit jantung koroner) dan otak (menyebabkan stroke) bila tidak dideteksi secara dini dan mendapat pengobatan yang memadai.

Kebanyakan orang Indonesia tidak akan mau ke Puskesmas atau ke dokter jika tidak mengalami keluhan yang mengganggu. Sedangkan baiknya minimal 1 bulan sekali kita harus cek kesehatan ke Puskesmas atau ke tempat praktik dokter walau hanya sekedar mengukur tekanan darah dan berkonsultasi.

Baca lebih lanjut

Jarum Akupunktur


Setiap pasien yang kritis selalu bertanya tentang bagaimana penggunaan jarum saat terapi. Jarum apa yang digunakan ? Apa jarum pentul yang biasa buat kerudung ?Atau ada jarum khusus ? Apakah menggunakan jarum yang sudah dipakai ? Apa jarumnya sama kayak jarum suntik ? Apakah didalam jarumnya ada obat ?
Pasien yang kritis termasuk pasien yang kepo dan saya suka sama orang-orang kepo. hehe 😀 😀
Apalagi kalo buat orang lain kepo dan penasaran wkwkw 😀

Oke baiklah saya bahas disini tentang jarum akupunktur yang digunakan. Sejauh ini praktek akupunktur yang professional menggunakan jarum khusus untuk terapi akupunktur. Jarum ada yang terbuat dari stainless steel, ada juga yang terbuat dari emas dan perak tapi jarum yang pada umumnya digunakan adalah jarum stainless steel. Yang emas sama perak mahal boooook karena pada zaman dahulu kala yang make jarum emas atau perak cuma keluarga kerajaan hihi :D.

Alhamdulillah di tempat saya praktek di Keluarga Sehat Akupunktur jarum dipaki untuk satu kali (single use). Jadi setiap kali tindakan selalu menggunakan jarum-jarum yang baru dan inshaaAllah terhindar dari penularan penyakit dari setiap penyakit. Jarum akupunktur juga nggak sama kayak jarum suntik perbandingan diameternya bisa 1 banding 10 jarum akupunktur.

Itu kenapa penusukan jarum akupunktur pada beberapa titik tertentu tidak begitu sakit dan tidak mengeluarkan darah kecuali rasa sensasi ‘Deqi’ yang memberikan rasa pegal, ngilu, linu, kesetrum dan berat. Oh iya, didalam jarum akupunktur tidak ada obatnya yah karena memang akupunktur itu pengobatan tanpa menggunakan obat-obatan. Tujuan dari penusukan jarum akupunktur adalah untuk mengatur Qi meridian, sehingga dapat memulihkan keseimbangan Yin dan Yang di dalam tubuh dan menghilangkan penyebab penyakit. :).

Jika ada yang perlu ditanyakan langsung koment dibawah atau hubungi admin lewat beberapa kontak yang telah disediakan. 🙂
Sehat selalu yah .. 🙂