Tag Archives: terapi Akupunktur

Keluarga Sehat Akupunktur


Bagi yang lagi sakit dan udah bosan konsumsi obat-obatan kimia karena banyak efek samping yang ditimbulkan. Ayoo sekarang beralih pada pengobatan kuno asal Cina yang sudah terbukti mampu mengurangi rasa nyeri, memperbaiki sirkulasi darah,  menenangkan dan memperbaiki fungsi organ tubuh. 😊😇

Akupunktur terbukti dapat mengurangi rasa sakit pada keluhan sakit kepala,  sakit lutut,  sakit pinggang,  sakit perut,  sakit leher,  sakit gigi, sakit perut karena menstruasi, gangguan sulit tidur dan gangguan kesehatan lainnya. Selain terbukti untuk menjaga kesehatan akupunktur juga mampu untuk menghentikan tumbuhnya jerawat,  memperlambat proses penuaan dan menjaga bentuk badan ideal.  😊😉

Oleh karena itu untuk membantu proses penyembuhan yang diderita Keluarga Sehat Akupunktur siap melayani jasa:

  1. Akupunktur Kesehatan
  2. Akupunktur+Akupressure
  3. Akupunktur+ Refleksi
  4. Akupunktur+Bekam
  5. Akupunktur Kecantikan
  6. Akupunktur+Facial
  7. Akupunktur+ Totok Wajah
  8. ‎Bekam Angin+Akupressure
  9. Bekam Angin+ Refleksi
  10. Bekam Basah+ Akupressure 
  11. Bekam Basah + Refleksi 
  12. ‎Facial 
  13. Totok Wajah
  14. Akupressure
  15. Refleksi
  16. Bekam

Jadwal pelayanan 

Hari: Senin-Sabtu

Jam : 08:00-20:00 WIB
Terapis Akupunktur:

  1. Dona Aulia A. Md.,  Akp
  2. Abdillah Muklis A. Md., Akp 
  3. Rifki Ahmad A. Md.,  Akp

Yang merupakan lulusan D-III Akupunktur Poltekkes Kemenkes Surakarta. Inshaa Allah sudah memiliki izin praktik dan sudah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi)  dari MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia).  
Keluarga Sehat Akupunktur juga menerima jasa visit seputaran daerah Kepahiang-Curup-Bengkulu. (syarat dan ketentuan berlaku). Info lebih lanjut boleh hubungi Wa di 085377917753.

Terima kasih. 😊

Akupunktur Untuk Asma


sesak-nafasPengertian asma menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah gangguan pernafasan yang bersifat alergis  ditandai dengan sulit bernafas dan rasa sesak di dada. Dalam bukunya Muttaqin (2008) menyebutkan asma adalah suatu penyakit yang ditandai dengan ciri meningkatnya respon trakhea dan bronkus terhadap berbagai rangsangan dengan manisfestasi adanya penyempitan jalan nafas yang luas dan derajatnya dapat berubah secara spontan. Penderita asma pada umunya di kota lebih tinggi dibandingkan pada perdesaan, karena pola hidup dan lingkungan di kota meningkatkan faktor resiko terkena asma. Berdasakan data WHO melalui GINA (Global Initiative for Asthma) pada tahun 2006 didapati sebanyak 300 juta orang menderita asma, dan 225 juta penderita di suluruh dunia meninggal per tahun karena asma dan hasil survey dari SKRT ( Survey Kesehatan Rumah Tangga) asma merupakan 10 besar penyakit penyebab kematian di Indonesia.

Ada beberapa penyebab timbulnya asma yaitu oleh alergen, infeksi saluran nafas, emosi, aktivitas berat, obat-obatan, polusi udara, lingkaran kerja, perubahan cuaca dan genetik.

Tanda dan gejala dari penyakit asama yang dirasakan pasien pastinya pasien merasakan sesak nafas, ada sesak nafas yang disertai batuk, bernafas cepat dan dalam, gelisah dan susah tidur.

batuk dan sesak.pngPenyakit asma dalam ilmu kedokteran timur disebut sebagai Xiao Chuan (Xiao berarti sesak dan Chuan berarti mengik) yang disebabkan oleh faktor eksogen, diet tidak tepat, dan emosi yang tak terkendali dan aktivitas berlebihan. Pada penyakit asma organ utama yang dicurigai adalah organ paru-paru yang harusnya bertugas untuk menguasai Qi udara/pernafasan, organ yang berperan dalam pertahanan pertama dari serangan patogen luar dan mengatur keseimbangan pernafasan dan cairan. Normalnya aliran Qi paru-paru mengalir dan menyebar ke bawah sedangkan dalam kasus asma aliran Qi malah sebaliknya, yaitu mengalir keatas dan keluhan yang dirasakan pasien biasanya sesak nafas disertai dengan keluhan batuk.

Yang jadi pertanyaan penting disini adalah bagaimana Akupunktur mampu mengurangi dan mengobati keluhan sesak nafas yang dirasakan pasien ? untuk mempermudah penjelasan kita langsung masuk dalam studi kasus. Baca lebih lanjut

Akupunktur Untuk Impotensi


Bismillahirrahmanirrahim semoga ketikan yang terkadang typo ini bermanfaat. 🙂
image

Oke, dari judul tulisannya bisa ditebak lah yah ini tulisan akan membahas tentang apa. Iya ini salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum adam dan sangat berpengaruh pada keharmonisasian rumah tangga.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia impotensi adalah perihal lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga dan menurut Zhenwen Liu (2009) Impotensi adalah suatu kondisi pada seorang pria yang tidak mampu mempertahankan kondisi ereksi.

Epidemiologi untuk kasus impotensi didapat dari penelitian National Institusi Of Health 2002 menunjukan kurang lebih 15-30 juta laki-laki di Amerika mengalami disfungsi ereksi. Pada usia 40 tahun terdapat kurang lebih 5% laki-laki mengalami disfungsi ereksi. Pada usia 65 tahun terdapat kurang lebih 15-25% laki-laki yang mengalami disfungsi ereksi.
Baca lebih lanjut

Tenaga Kesehatan Akupunktur


Oke beberapa hari yang lalu ada email dari seorang pembaca blog. Didalam email tersebut beliau bertanya  akupunktur sekarang sudah ada dimana aja yah ? dan banyak juga email yang meminta saya untuk visit ke daerah mereka tapi karena keterbatasan saya,  belum bisa untuk visit jauh dari lokasi praktek saya. Mungkin melalui tulisan ini saya ingin membantu para pembaca untuk dapat memperoleh lokasi terapi akupunktur yang insyaAllah terapisnya sangat professional, berkompeten dan berpegang teguh terhadap kode etik  serta telah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dari MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia). Nama-nama yang tercantum dibawah ini adalah teman sekelas saya waktu kuliah, teman seperjuangan menghadapi tugas-tugas dosen yang sekarang jadi teman sejawat saya . 🙂

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Memang sejauh ini lulusan Akupunktur kurang lebih 88% masih berada diwilayah pulau Jawa karena memang lokasi lahirnya tenaga kesehatan Akupunktur baru terdapat di kota Solo, Surabaya dan Malang. Hanya beberapa orang saja  yang sudah memberanikan diri  berenang menyebrangi lautan untuk sampai keberbagai pulau lain (hahaha lebay bgt yaaa berenang menyebrangi lautan . 😀 ).

Untuk para pembaca dari daerah Pacitan jika ingin mendapatkan tindakan Akupunktur  bisa dengan terapis akupunktur cantik Aprillia Arlindania A.Md.Akp dan Ratri Ardiani A. Md.Akp mereka berdua kelahiran Pacitan. Ada juga nih terapis Akupunktur yang nggak kalah cantik dan ganteng masih diwilayah Jawa Timur tepatnya di kota Madiun bersama mba Egga Karnilawati A.Md.Akp dan mas Abid Ishak AL-Kindi A.Md.Akp yang sekarang praktek di RS. Haji Ibrahim Madiun. Baca lebih lanjut

Akupunktur untuk mata minus


yuupp, kemaren tepatnya tanggal 2 Oktober 2013 ada jadwal praktek di campus bareng dosen favorite kami yaitu dr. Michael Wicaksono M.Med .  Untuk kesempatan kali ini kita diajarin banyak penanganan kasus salah satu yang kemaren kelompok saya tangani yaitu Akupunktur untuk mengurangi mata minus .

Akupunktur mata

Akupunktur untuk mata

 

Titik-Titik Akupunktur yang disekitar mata

Titik-Titik Akupunktur yang disekitar mata

Untuk info lanjut penangan Akupunktur dalam mengurangi mata minus bisa hubungi terapis Akupunktur terdekat disekitar anda . Dan demi keamanan dan kenyamanan  dimohon untuk tidak melakukan penusukan disekitar mata tanpa memiliki keahlian dibidangnya . ! its DANGER . 🙂

 

Gambar

Kegunaan Akupunktur


Kegunaan AkupunkturOk . Now let me let you know ..

Dalam beberapa waktu dan emang sering banget kalo saya ketemu kerabat, saudara atau bahkan orang yang nanyain ke saya ntah itu lewat sms, telpon, email, FB, TW, dan sosmed lainnya atau bahkan secara langsung  dengan pertanyaan ‘Apa sih kegunaan, khasiat, manfaat dari terapi Akupunktur itu . ?’ . sebenarnya ini pertanyaan nggak susah buat dijawab untuk kalangan Akupunktur Terapis . kan nggak lucu banget kalo seorang Akupunktur terapis nggak tau apa kegunaan akupunktur beserta manfaatnya . tapi, yang jadi masalahnya sekarang orang lain percaya nggak saat  kita jelasin manfaat dari akupunktur . trus selanjutnya mereka pasti kasih pertanyaan baru ‘kok bisa gitu ? gimana caranya ?’ dan InsyaAllah seorang Akupunktur pasti dan mungkin 98% bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik dan benar. tapi, sekarang masalahnya orang lain bisa ngerti nggak dengan apa yang kita jelaskan nantinya . maaf nih bukan’a kita ngeremehin . tapi, emang ada beberapa faktor X lainnya yang memang susah buat ngejelesin Akupunktur ini ke masyarakat umum . (untuk saat ini)

kenapa saya bilang susah, pertama yah memang dari keterbatasannya saya sendiripun sedikit susah dan untuk menjelaskan ke orang lain (masyarakat umum) . karena bahasa yang digunakan dalam Akupunktur terlalu banyak perbedaannya jika dibandingkan dengan ilmu kesehatan lain pada umumnya . dan lagi ini keterbatasan saya sendiri karena belum menguasai seutuhnya saat mata kuliah Korelasi AFA (Anatomi Fisiologi Akupunktur) . apa itu AFA sebenernya . ? yup, secara singkat AFA adalah mata kuliah yang menjembatani bahasa Akupunktur dengan bahasa medis lainnya supaya orang lain mengerti tentang AKupunktur itu sendiri.  dan insyaAllah saya selalu akan berusaha memahami dengan baik saat duduk manis dikelas saat dosen yang baik hati menjelaskan . 🙂 .  kedua, kenapa saya bilang susah karena menurut hasil tes psikologi dan pandangan beberapa teman dekat saya ternyata saya ini orangnya humoris tapi emosian (trus apa hubungannya dong sama tulisan ini . ?? . ntahlah Dona juga bingung . hahah 😀 ). opps maaf ini nggak ada hubungannya sama sekali . hemmh . kedua, saya nggak suka mengumbar janji kesana kesini . maksudnyaa mengumbar janji . ?? yah mengumbar janji kea orang yang jualan obatobat ajaib atau dukundukun ajaib gitu . seperti yang sering saya dapatkan saat dilampu merah lalu dikasih selebaran yang didalamnya terdapat janji-janji manisnya . seperti “mbah X dapat mengobati berbagai macam penyakit dari penyakit A-Z dan blablablabla lainnya” . kan nggak lucu seorang terapis Akupunktur janji-janji gitu . -_- .

tapi, melalui tulisan ini saya akan mencoba untuk menjelaskan dengan bahasa yang sederhana dan insyaAllah dapat dicerna oleh semua yang baca . ‘sebenarnya apa sih manfaat dari Akupunktur . ?’ .

Ok . now let me let you know …

Akupunktur bekerja dalam proses meyeimbangkan fungsi tubuh manusia . karena pada hakikatnya manusia akan merasakan rasa sakit (tidak nyaman) pada saat ada gangguan keseimbangan fungsi normal tubuh manusia . abnormal fungsi tubuh bisa berkaitan dengan darah, cairan tubuh, jaringan, organ dan sistem organ tubuh manusia . sebagai contoh seseorang yang menderita gangguan pencernaan dengan manifestasi klinik BAB berair, encer dan dalam dunia medis disebut dengan Diare . Dan dalam dunia medis sendiripun diare dijelaskan karena adanya gangguan pencernaan yang sebagian besar disebabkan oleh adanya bakteri, parasit dan infeksi dalam saluran cerna . tapi, dalam Akupunktur diare merupakan adanya keabnormalan pada organ limpa dalam mentranformasi dan transportasi makanan. (tuh kan bahasanya beda banget) .  OK sekrang lupakan perbedaan yang ada kita fokus kearah manfaat AKupunktur . Pada kasus ini Akupunktur sangat berperan penting dalam menormalkan fungsi organ limpa dengan cara melakukan penusukan dan perangsangan pada titik-titik tertentu yang memang memiliki indikasi dalam penormalan fungsi organ limpa . 

Dan pasti bukan sekedar diare yang bisa ditangani dalam terapi akupunktur . sangat banyak sekali kasus penyakit yang insyaAllah bisa diterapi dengan Akupunktur mulai dari penyakit yang disebabkan kelainan pada organ limpa, lambung, hati, empedu, jantung, ususkecil, paru, usus besar, ginjal, kandung kemih, mata, telinga, serta gangguan kejiwaan InsyaAllah bisa diselesaikan dengan Akupunktur . kalian sebut ini sebagai janji . ??

Kami sebagai seorang Akupunktur Terapis didikan dari instansi D-III Akupunktur Poltekkes Kemenkes Surakarta berani mengatakan dengan lantang dan tegas kalau Terapi Akupunktur dapat membantu dalam proses penyembuhan dari berbagai penyakit dari tiap organnya . karena kami dalam Akupunktur memahami dan mempelajari sistem organ tubuh manusia yang dibahas menurut kedokteran timur (Akupunktur) melalui mata kuliah Diagnosa Akupunktur dan kedokteran barat secara berbarengan . dan kami juga membahas berbagai macam penyakit beserta cara mengatasinya yang dibahas secara kedokteran timur (Akupunktur) dan kedokteran barat (medis) melalui mata kuliah patofisiologi .

Dona Aulia Abdullah Al-Farabi

Titik San Yin Jiao


San Yin Jiao (Sp-6) merupakan titik yang berada di meridian Tai Yin Kaki Limpa. dari namanya San Yin Jiao menunjukan bahwa titik tersebut  merupakan lokasi dari ketiga meridian Yin Kaki ( Limpa, Hati, dan Ginjal) bertemu jadi sangat jelas sekali kalau titik ini berfungsi untuk memupuk Yin tubuh. merupakan salah satu titik yang sering digunakan dalam terapi akupunktur karena indikasi nya sangat luar biasa untuk tubuh kita.

Titik ini terletak 3 cun proksimal dari puncak maleolus medialis, bagian posterior os Tibia .

titik Akupunktur San Yin Jiao . (Focks,2008)

titik Akupunktur San Yin Jiao . (Focks,2008)

Actions

  1. Tonifikasi organ Limpa dan Lambung
  2. membersihkan kelembaban
  3. menjaga keharmonisan hati dan tonifikasi organ Ginjal
  4. Mengatur regulasi menstruasi
  5. Menjaga keharmonisan jiao bawa
  6. Mengatur regulasi buang air kecil dan alat kelamin
  7. Menenangkan jiwa
  8. invigorates blodd
  9. Mengaktifkan saluran dan meredakan nyeri

Indikasi

  1. Spleen and Stomach deficiency, Spleen deficiency
    with heavy body, heavy body with heaviness of the
    four limbs, oedema, borborygmus, diarrhoea, undigested
    food (in the stool), abdominal distention, cold
    abdomen, unbearable pain below the umbilicus, pain
    of the Spleen, fullness and distention of the Heart
    and abdomen, no desire to eat and drink, vomiting of
    fluid after eating, sudden turmoil disorder.

Baca lebih lanjut