Tag Archives: titik Akupunktur

Titik Baihui


titik-baihui-akupuntur

Titik Baihui (GV-20) yang berarti titik ratusan pertemuan. Titik Baihui merupakan salah satu titik yang terletak pada meridian Governing Vessel yang biasa disingkat dengan (GV atau DU). Meridian GV berawal dari perut bagian bawah berjalan ke bawah sampai daerah perineum, kemudian keatas mengikuti hingga belakang terus ke puncak kepala melewati dahi dan turun ke pertengahan bibir. Fungsi uatama meridian ini untuk mengatur Yang Qi tubuh dan melindungi Yuan Qi (Qi sejati).

titik-baihui

Titik Baihui terletak 7 cun dari batas rambut posterior  atau 5 cun dari batas rambut anterior atau 1,5 cun kranial titik Houding (GV-19). Titik pertemuan antara garis sagitalis medialis dengan garis yang menghubungkan kedua ujung kranial daun telinga. Penusukan dilakukan miring sedalam 0,3-0,5 cun.

Titik ini juga merupakan titik pertemuan meridian bladder, gallbladder, sanjiao dan liver. Titik ini juga merupakan titik lautan sumsum.

titik-akupunktur-baihui

Beberapa fungsi dari titik ini adalah:

  1. Pacifies wind and subdues yang
  2. Meningkatkan Yang dan mencegah terjadinya prolaps organ
  3. Mengatasi masalah kepala dan indra perasa
  4. Memelihara lautan sumsum
  5. Menstimulasi perkembangan otk
  6. menengkan jiwa

Indikasi dari titik Baihui dapat mengatasi keluhan sakit kepala, pusing, vertigo, tinitus, obstruksi hidung, aphasia, koma, gangguan jiwa, prolaps rectum (ambeien), prolapse uterus, hipertensi, hipotensi, memori lemah, mania dan depresi.

Beberapa kombinasi titik Baihui dengan titik Akupunktur yang lain untuk berbagai keluhan:

  1. Tinnitus: Baihui DU-20, Tinggong SI-19, Tinghui
    GB-2, Ermen SJ-21, Luoque BL-8, Yangxi L.I.-5,
    Qiangu SI-2, Houxi SI-3, Wangu SI-4, Zhongzhu SJ-3,
    Yemen SJ-2, Shangyang L.I.-1 and Shenshu BL-23
    (Great Compendium).
  2. Prolabs rectum atau hemoroid: Baihui
    DU-20, Erbai (M-UE-29), Zhishi BL-52 and Changqiang
    DU-1 (The Great Compendium of Acupuncture
    and Moxibustion).
  3. NHidung Tersumbat: Baihui DU-20, Yuzhen BL-9, Toulinqi
    GB-15, Shangxing DU-23 and Danyang (Extra)47
    (Supplementing Life).
  4. Nyeri kepala dan mata: Baihui DU-20, Tongli HE-5
    and Houding DU-19 (Supplementing Life).
  5. Somnolence (Ngantuk) : Baihui DU-20 and Xinhui DU-22 (Supplementing
    Life).

Semua kombinasi titk dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasien dan dari kaca mata setiap terapis.
Disaat para dokter meresep formula obat-obatan kita terapis meresep formula titik Akupunktur . 🙂
Titik ini selalu saya gunakan jika tubuh merasa kurang nyaman atau sedikit pusing tapi harus aktivitas. Seperti contohnya saat lagi kurang nyaman tubuh ada pasien dan saya biasanya tusuk titik ini diatas kepala dan melanjutkan terapi pasien seperti biasa. Karena titik ini berada diatas kepala jadi tidak terganggu walaupun bergerak, tidak sama halnya titik” yang berada pada kaki dan tangan yang jika ditusuk sulit untuk menggerakkan.

Akupunktur Untuk Asma


sesak-nafasPengertian asma menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah gangguan pernafasan yang bersifat alergis  ditandai dengan sulit bernafas dan rasa sesak di dada. Dalam bukunya Muttaqin (2008) menyebutkan asma adalah suatu penyakit yang ditandai dengan ciri meningkatnya respon trakhea dan bronkus terhadap berbagai rangsangan dengan manisfestasi adanya penyempitan jalan nafas yang luas dan derajatnya dapat berubah secara spontan. Penderita asma pada umunya di kota lebih tinggi dibandingkan pada perdesaan, karena pola hidup dan lingkungan di kota meningkatkan faktor resiko terkena asma. Berdasakan data WHO melalui GINA (Global Initiative for Asthma) pada tahun 2006 didapati sebanyak 300 juta orang menderita asma, dan 225 juta penderita di suluruh dunia meninggal per tahun karena asma dan hasil survey dari SKRT ( Survey Kesehatan Rumah Tangga) asma merupakan 10 besar penyakit penyebab kematian di Indonesia.

Ada beberapa penyebab timbulnya asma yaitu oleh alergen, infeksi saluran nafas, emosi, aktivitas berat, obat-obatan, polusi udara, lingkaran kerja, perubahan cuaca dan genetik.

Tanda dan gejala dari penyakit asama yang dirasakan pasien pastinya pasien merasakan sesak nafas, ada sesak nafas yang disertai batuk, bernafas cepat dan dalam, gelisah dan susah tidur.

batuk dan sesak.pngPenyakit asma dalam ilmu kedokteran timur disebut sebagai Xiao Chuan (Xiao berarti sesak dan Chuan berarti mengik) yang disebabkan oleh faktor eksogen, diet tidak tepat, dan emosi yang tak terkendali dan aktivitas berlebihan. Pada penyakit asma organ utama yang dicurigai adalah organ paru-paru yang harusnya bertugas untuk menguasai Qi udara/pernafasan, organ yang berperan dalam pertahanan pertama dari serangan patogen luar dan mengatur keseimbangan pernafasan dan cairan. Normalnya aliran Qi paru-paru mengalir dan menyebar ke bawah sedangkan dalam kasus asma aliran Qi malah sebaliknya, yaitu mengalir keatas dan keluhan yang dirasakan pasien biasanya sesak nafas disertai dengan keluhan batuk.

Yang jadi pertanyaan penting disini adalah bagaimana Akupunktur mampu mengurangi dan mengobati keluhan sesak nafas yang dirasakan pasien ? untuk mempermudah penjelasan kita langsung masuk dalam studi kasus. Baca lebih lanjut

Tai Yin Tangan Paru


Organ Paru termasuk organ Zang yang terletak pada jiao atas. Organ Paru disebut juga sebagai kanopi karena terletak paling atas dari organ tubuh lainnya. Paru adalah organ pertama yang berhubungan dengan dunia luar melalui kulit dan hidung. Menurut Koosnadi Saputra (2005)  Fungsi fisiologis paru adalah menguasai Qi udara, Mengatur keseimbangan pernafasan dan cairan, memengaruhi rambut dan kulit, dan berhubungan luar dengan dunia luar dengan hidung.
Perjalanan Meridian Tai Yin Tangan Paru berawal dari jiao tengah berjalan kearah bawah berhubungan dengan usus besar. kemudian kembali ke lambung bagian atas. menembus diafragma masuk ke paru-paru berhubungan dengan tenggorokan berjalan melintang menuju dada bagian atas, keluar dari titik LU-1 Zhongfu kemudian naik sampai klavikula, turun menyusuri aspek medial dari lengan bawah menuju pergelangan tangan melalui titik LU-10 Yuji berjalan pada sisi radial berakhir pada sisi medial dari ujung ibu jari.

Meridian Tai Yin Tangan Paru

Perjalanan Meridian Tai Yin Tangan Paru

Meridian Paru memiliki 11 titik Baca lebih lanjut

Blood Letting Pada Titik Shaoshang (少商) untuk Penurun Panas


Jumat, 3 Mei 2013

Setelah usai kesibukan menyambut malam puncak disnatalis Poltekkes Kemenkes Surakarta rasanya memang cukup tenang karena udah nggak sesibuk minggu kemaren. dan sekarang hanya fokus pada kuliah dan kegiatan HMJ yang masih bisa dikendalikan. owh iya, selepas dari kesibukan tersebut penjual tissue didekat kampus omsetnya bertambah dong ( wew @@ apa hubungannya Donaa ??? ) bingung yaak . ?? nggak usah bingung lah nih Dona jelasin deh . soalnya anak” kelas pada beli tissue semua karena mereka pada flu + batuk  . hemmh . Weiqi ( Qi Pertahan tubuh) terserang oleh berbagai patogen eksternal entah itu patogen angin, panas atau dingin tapi kayaknya mereka flu akibat over strain deh . hahah . kayak kerja rodi ajh yak . :p . Awalnya sih Dona terbebas dari serangan patogen-patogen yang  jahat itu kan sistem imun’a kuat  . 🙂 . Anak sehaat dong yah . 😀 . tapi, nggak untuk saat ini, sistem imun benar-benar merosot terjun bebas dari keadaan biasanya.

Awalnya cuma ngerasa tenggorokan rada kering, hidung mulai meler dan terkadang mampet untuk jaga-jaga kondisi tubuh Dona cuma mengonsumsi tablet hisap karena diagnosa awal radang tenggorokan kambuh lagi. biasanya sekali pake tablet hisap keluhan udah berkurang langsung. tapi nggak ada perubahan, tenggorokan semakin kering, hidung meler terus , dan suhu tubuh meningkat. karena udah nggak nyaman dengan kondisi tubuh yang panas memberanikan diri deh untuk minum obat penurun panas walaupun phobia banget dengan yang namanya minum obat-obat kimia. nunggu reaksi obat selama 4 jam blum ada hasil badan tetap panas langsung ajh pengobatannya di kombinasi dengan Akupunktur. karena, nggak ada temen kost yang sama” dari jurusan Akupunktur terpaksa terapi sendiri pemilihan titik pertama titik Chize dan titik Hegu bagian sinistra diterapi selama 15 menit alhasil panas turun dan bertahan selama 4 jam usai penusukan. seusai shalat maghrib demam meningkat lagi malah lebih tinggi dari demam tadi siang, trus seusai makan malam langsung minum obat penurun panas lagi dan berharap bisa langsung tidur dan besoknya udah sembuh. karena panas yang tinggi jadi nggak bisa tidur dah. (mirs bgt yahh :(.  )

Karena malas banget berteman dengan yang namanya sakit

Baca lebih lanjut