Kutipan

Hidup Sehat Hingga Akhir Hayat


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Assalammualaikum Warahmatullahiwabarakattuh .🙂
Dona Aulia selaku admin dari blog sederhana ini mengucapkan selamat datang, welcome, sugeng rawuh untuk para calon penghuni surga yang selalu berusaha melakukan yang terbaik  untuk menjadi sosok yang terbaik  dalam kehidupan yang fana ini .🙂 .

Semoga tulisan-tulisan dalam blog ini bermanfaat bagi pembaca semua dan menjadi amal jariyah untuk penulis dan orang-orang yang terlibat dalam penulisan karya” sederhana ini . Amiien .🙂 . Dalam kesempatan ini Penulis menyadari semua tulisan-tulisan ini  cukup jauh dari kesempurnaan dan mungkin belum layak disebut sebagai tulisan. tapi, yakinlah penulis hanya ingin berbagi apa yang penulis miliki karena dalam Islam mengajarkan untuk ” Sampaikanlah walau satu ayat” . Kritik dan saran sangat penulis harapkan untuk lebih memperindah tulisan-tulisan dimasa yang akan datang . Kritik dan saran dari pembaca bisa dikirim via:

  1. email: donaaulia.abdullah@gmail.com
  2. FB: Dona Aulia Abdullah Al-Fatih
  3. TW: @donabkl

Akhirulkalam Wassalammualaikum Warahmatullahiwabarakattuh🙂

Perbedaan yang buat kita tampil menawan


“hahaha . Judul coretan kali ini apaan banget deh, mohon untuk diabaikan😀 kita fokus pada inti coretan ..”
Manfaat Akupunktur (8)

Selama praktek akupunktur mandiri nggak sedikit pasien yang sudah pernah menjalani akupunktur di klinik lain dan melanjutkan terapi akupunktur bersama saya. Ada beberapa orang pasien yang kritis dengan bertanya banyak tentang beberapa hal yang menurut saya ini perlu untuk dijelaskan kepada masyarakat awam. Berikut pertanyaan yang sering dilontarkan para pasien:

  1. Dulu sama dokter yang itu saya ditusuk bagian ini kok sama mba saya ditusuk bagian itu ?
  2. Dulu saya nggak pake setruman(read: ES_stimulasi elektrostimulator) kenapa sekarang pakai setruman ?
  3. Dulu setruman nya nggak kayak gini kok sekarang gini (read: pemilihan jenis gelombang ES ) ?
  4. Dulu saya sama dokternya di bekam dulu kok sama mba nggak dibekam?
  5. Dulu saya ditusuknya kok sakit banget yah kok sama mba gak ada rasa, apa saya udah mati rasa ? (wah pasien ini sudah terkesima sama saya sepertinya hahaha_becanda deng :D)
  6. Dulu saya sama dokternya dibekam sampe keluar banyak darah kok ini gak dikeluarin darahnya ?
  7. Dulu saya pernah bekam di kepala sampe dibotakin kok ini cuma di bagian punggung saja ?
  8. Dulu saya ditusuk 12 jarum kok sama mba Cuma 8 jarum ?(penghematan jarum sih sebenernya wkkwkwk becanda deng😀 )
  9. Dulu saya ditusuk pake jarum yang panjang kok sekarang sama jarum yang pendek ?
  10. Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyan perbandingan lainnya.
  11. Ini pasien kritis yang buat saya harus belajar lagi lebih banyak. Terima kasih telah menjadi pasien yang cerdas🙂

Baca lebih lanjut

Catatan Seorang Terapis Akupunktur


Sejauh ku jelajahi dunia..
Menatap, mendengar dan merasakan getirnya kehidupan.
Tak kan terlepas aku dari sebuah masa lalu yang sangat berpengaruh pada apa yg ku rasakan saat ini.
Cerita ku saat ini adalah cerminan cerita yang telah mereka goreskan saat dulu.
Baik buruknya aku saat ini tergantung pada baik buruknya mereka dimasa lalu.
Darah yang mengalir dalam nadi ini mencerminkan 2 kepribadian yang menjadi satu dalam jiwa dan ragaku. Keberanian, kasih sayang, dan perhatian yang mereka tunjukan terekam jelas pada setiap inci tubuh ini.
Kemanapun dan dimanapun ku melangkah cerita mereka selalu ikut, seakan menjadi sandaran disaat lelah dan sebagai penyemangat disaat jenuh.
Mereka adalah Ayah dan Umi..

image

Ya Rabbi,, ternyata dunia ini sempit banget yah. Tau gak sih udah kurang lebih 1,5 tahun  saya buka praktek dan bisadibilang 88% pasien itu orang-orang yang memang dulunya udah punya cerita (kenal) sama Ayah Umi. Kalo bukan temennya Umi yg udah lama gak ketemu yah temen Ayah yg udah lama gak ketemu. Ini satu kisah dari sekian kisah

Baca lebih lanjut

Akupunktur Untuk Asma


sesak-nafasPengertian asma menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah gangguan pernafasan yang bersifat alergis  ditandai dengan sulit bernafas dan rasa sesak di dada. Dalam bukunya Muttaqin (2008) menyebutkan asma adalah suatu penyakit yang ditandai dengan ciri meningkatnya respon trakhea dan bronkus terhadap berbagai rangsangan dengan manisfestasi adanya penyempitan jalan nafas yang luas dan derajatnya dapat berubah secara spontan. Penderita asma pada umunya di kota lebih tinggi dibandingkan pada perdesaan, karena pola hidup dan lingkungan di kota meningkatkan faktor resiko terkena asma. Berdasakan data WHO melalui GINA (Global Initiative for Asthma) pada tahun 2006 didapati sebanyak 300 juta orang menderita asma, dan 225 juta penderita di suluruh dunia meninggal per tahun karena asma dan hasil survey dari SKRT ( Survey Kesehatan Rumah Tangga) asma merupakan 10 besar penyakit penyebab kematian di Indonesia.

Ada beberapa penyebab timbulnya asma yaitu oleh alergen, infeksi saluran nafas, emosi, aktivitas berat, obat-obatan, polusi udara, lingkaran kerja, perubahan cuaca dan genetik.

Tanda dan gejala dari penyakit asama yang dirasakan pasien pastinya pasien merasakan sesak nafas, ada sesak nafas yang disertai batuk, bernafas cepat dan dalam, gelisah dan susah tidur.

batuk dan sesak.pngPenyakit asma dalam ilmu kedokteran timur disebut sebagai Xiao Chuan (Xiao berarti sesak dan Chuan berarti mengik) yang disebabkan oleh faktor eksogen, diet tidak tepat, dan emosi yang tak terkendali dan aktivitas berlebihan. Pada penyakit asma organ utama yang dicurigai adalah organ paru-paru yang harusnya bertugas untuk menguasai Qi udara/pernafasan, organ yang berperan dalam pertahanan pertama dari serangan patogen luar dan mengatur keseimbangan pernafasan dan cairan. Normalnya aliran Qi paru-paru mengalir dan menyebar ke bawah sedangkan dalam kasus asma aliran Qi malah sebaliknya, yaitu mengalir keatas dan keluhan yang dirasakan pasien biasanya sesak nafas disertai dengan keluhan batuk.

Yang jadi pertanyaan penting disini adalah bagaimana Akupunktur mampu mengurangi dan mengobati keluhan sesak nafas yang dirasakan pasien ? untuk mempermudah penjelasan kita langsung masuk dalam studi kasus. Baca lebih lanjut

“Morfin” yg Baik Untuk Orang Tua


Dari data kunjungan tempat praktek mandiri Keluarga Sehat Akupunktur selama kurang lebih 1,5 tahun didapati 55% pasien yang datang rata” berusia 55-70 tahun dengan berbagai macam keluhan. Menurut Setiati (2013) Jumlah penduduk usia lanjut di Indonesia mencapai peringkat lima besar terbanyak di dunia, yakni 18,1 juta pada tahun 2010 dan akan meningkat dua kali lipat menjadi 36 juta pada tahun 2025.
Kamus kesehatan menerangkan bahwa geriatri adalah cabang kedokteran yang berkenaan dengan diagnosa dan pengobatan atau kadang-kadang hanya pengelolaan dari kondisi dan gangguan yang terjadi pada usia tua. Istilah geriatri juga mengacu pada perawatan medis untuk orang tua pada umumnya.

image

Geriatri berbeda, namun terkait, dengan bidang lain yaitu gerontologi (yang melibatkan studi tentang perubahan yang terjadi dalam pikiran dan tubuh selama proses penuaan).Geriatri penting karena orang dewasa tua mungkin bereaksi terhadap penyakit dan kondisi secara berbeda dengan orang dewasa muda.
Dikutip dari artikel Pusat Geriatri Nasional menyebutkan bahwa pasien geriatri adalah orang tua berusia 60 tahun ke atas yang memiliki penyakit majemuk (multipatologi) akibat gangguan fungsi jasmani dan rohani, dan atau kondisi sosial yang bermasalah.
Baca lebih lanjut

Belajar dari sebuah drama..


Beberapa minggu terakhir ini saya disibukan dengan film ini. Film yg katanya sangat populer saat saya masih SMP, tapi saya gak pernah nonton film ini sebelumnya. Memang saya gak begitu suka sama yg namanya drama korea apalagi harus terikat dan ngapalin jadwal sinetron di tv. Bagi saya daripada ngabisin waktu nonton tv mending ngabisin waktu ngobrol bareng Ayah-Umi atau baca artikel” di internet.

image

Berawal dari pasien yang juga seorang temen bilang “Ini Akupunktur kayak yang di film Janggeum yah Don ?” Trus saya bilang “Maksudnya Jang Geum apa ?” Karena saya gak ngerti dia ngejelasin nih kalo ada drama korea yang dalam ceritanya ada pengobatan pake herbal dan akupunktur, karena penasaran langsung dong buka youtube dan cek filmnya . Pas diliat” ini drama terdiri dari 54 episode awalnya rasa gak sanggup mau nonton hahaha 😁😁. Udah nyerah duluan maleslah nontonnya karena ngebayangin ini drama ngebosenin dan bakal nyita banyak waktu. Tapi, rasa penasaran buat nonton lebih kuat dan akhirnya nonton lah..
Episode demi episode ditonton dan bener banyak waktu yg tersita sampe rela begadang buat nonton ini film. Hahaha sampe diketawain jam dinding kamar. Sempet kebawa emosi juga dan meneteskan air mata (apasiih Don lebay banget ini) hahaha😀😀.
Baca lebih lanjut

Mengalir Berdzikir di Kidung Do’a ku


 

Ya Allah, karuniakanlah rahmat kepadaku dengan Al-Qur’an, dan jadikan Al-Qur’an sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagi hamba. Ya Allah, ingatkan hamba terhadap apa yang telah hamba lupakan dari Al-Qur’an. Ajarilah hamba apa-apa yang belum hamba ketahui dari Al-Qur’an. Anugrahilah hamba kemampuan untuk senantiasa membacanya sepanjang malam dan siang. Jadikan lah Al-Qur’an hujjah bagiku (yang dapat menyelamatkanku) wahai Tuhan seluruh alam.

Ya Allah benahilah (pengetahuan dan pengalaman) agamaku yang akan menjadi penjaga urusanku, benahilah duniaku, tempat hamba mencari penghidupan, benahilah (kehidupan) akhiratku, tempat hamba kembali. Jadikan hidupku sebagai tempat untuk melaksanakan segala kebaikan dan jadikan matiku sebagai pemutus segala keburukan.

akupunktur

Ya Allah, Baca lebih lanjut

Akupunktur Untuk Impotensi


Bismillahirrahmanirrahim semoga ketikan yang terkadang typo ini bermanfaat.🙂
image

Oke, dari judul tulisannya bisa ditebak lah yah ini tulisan akan membahas tentang apa. Iya ini salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum adam dan sangat berpengaruh pada keharmonisasian rumah tangga.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia impotensi adalah perihal lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga dan menurut Zhenwen Liu (2009) Impotensi adalah suatu kondisi pada seorang pria yang tidak mampu mempertahankan kondisi ereksi.

Epidemiologi untuk kasus impotensi didapat dari penelitian National Institusi Of Health 2002 menunjukan kurang lebih 15-30 juta laki-laki di Amerika mengalami disfungsi ereksi. Pada usia 40 tahun terdapat kurang lebih 5% laki-laki mengalami disfungsi ereksi. Pada usia 65 tahun terdapat kurang lebih 15-25% laki-laki yang mengalami disfungsi ereksi.
Baca lebih lanjut